Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia U-23, Joko Sasongko (tengah) merayakan gol yang dicetaknya ke gawang Singapura U-23, dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Solo, Jateng, Sabtu (8/6). Timnas U-23 yang disiapkan untung menghadapi Sea Games mendatang bermain imbang 1-1. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/ama/13

Bolatimes.com - Pemain muda yang belakangan ini melejit bersama Persija Jakarta dan Timnas Indonesia U-20, Dony Tri Pamungkas, ternyata merupakan adik kandung dari seorang pemain legendaris Arema FC, Joko Sasongko

Hadirnya sosok kakak kandung bernama Joko Sasongko itu jelas menjadi salah satu keuntungan bagi Dony Tri Pamungkas. Sebab, ia bisa mendapatkan bimbingan langsung dari kakaknya sendiri.

Apalagi, Joko Sasongko sudah memiliki pengalaman yang cukup melimpah di kancah persepakbolaan nasional. Sehingga, pemain yang disebut sebagai legenda Arema Cronus itu bisa menularkan pengalamannya untuk Dony.

Baca Juga:
Cuma Lebanon yang Mau, Indra Sjafri Ungkap Alasan Kenapa Tajikistan dan China Tolak Timnas Indonesia U-22

Profil Joko Sasongko

Nama Joko Sasongko sebetulnya sudah tak begitu asing lagi bagi sebagian besar penikmat sepak bola Indonesia. Pemain asal Boyolali, Jawa Tengah, ini sudah cukup lama berkiprah sebagai pesepak bola.

Joko Sasongko tercatat lahir pada 4 Juli 1990. Pesepak bola yang kini telah berusia 32 tahun itu posisi bermainnya biasa ditempatkan sebagai gelandang.

Baca Juga:
Merasa Terhormat Diundang Uji Coba, Pelatih Lebanon: Indonesia Negara yang Indah

Sebelum namanya moncer, Joko Sasongko terlebih dahulu mengawali kiprahnya bersama klub lokal, PSISra Sragen pada 2007 hingga 2009. Setelah itu, dia sempat direkrut Persijatim Jakarta Timur pada 2009.

Setahun berselang, Joko sempat direkrut klub junior Pelita Jaya U-21. Setahun berselang, dia mendapatkan kesempatan promosi ke tim utama, tepatnya pada 2010.

Joko memang hanya dua musim bertahan bersama Pelita Jaya. Sebab, pada 2012, dia bergabung dengan Arema Cronus. Bersama klub beralias Singo Edan ini, Joko bertahan hingga 2014.

Baca Juga:
Ditanya Soal Rumor Park Hang-seo, Erick Thohir Jawab Tegas Sampai Bawa-bawa Nama Allah

Selama bermain bersama Arema Cronus, dia sempat menjalani masa peminjaman bersama Persisam Samarinda (2013-2014). Setelah itu, Joko memutuskan tampil di kasta kedua.

Klub yang saat itu berusaha meminangnya ialah PSGC Ciamis. Bersama klub asal Jawa Barat itu, dia berkompetisi di ajang Indonesia Soccer Championship B 2016 setelah jatuhnya sanksi dari FIFA.

Setelah itu, Joko diketahui sempat bergabung dengan klub Tiga Naga pada 2020-2021. Bahkan, dia juga sempat pulang ke kampung halamannya untuk membela klub Liga 3 Jawa Tengah, Persebi Boyolali.

Baca Juga:
Digembleng Eks Striker Timnas Indonesia jelang Persiapan SEA Games 2023, Begini Respons Ronaldo Kwateh

Sayangnya, kiprah Joko Sasongko bersama klub dari tanah kelahirannya harus terhenti. Sebab, kompetisi Liga 3 2022-2023 tidak bisa dilanjutkan seusai meletusnya Tragedi Kanjuruhan.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More