Rauhanda Riyantama
Kevin Diks sukses bawa FC Copenhagen lolos ke putaran final Liga Champions 2022/2023. (Instagram)

Bolatimes.com - Beredar informasi bahwa pemain keturunan, Kevin Diks, setuju membela Timnas Indonesia dan tinggal mengurus dokumen tahap akhir. Benarkah informasi tersebut?

Informasi tersebut diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola lewat Thumbnail video yang diunggahnya tersebut yang memuat wajah Kevin Diks.

Lalu informasi tersebut juga tertera dalam judul video yang diunggah Kreator Bola pada Kamis (13/4) atau sekitar 5 jam lalu dalam pantauan Bolatimes.com

Baca Juga:
Sepak Terjang Jeam Kelly Sroyer, Pemain Asal Papua yang Tersisa di Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2023

“YESS PSSI FULL SENYUM!! PEMAIN KETURUNAN TIBA DI JAKARTA PERKUAT TIMNAS LAWAN LEBONON,” bunyi judul video Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video tersebut sudah ditonton sebanyak 4 ribu kali lebih dan menuai delapan komentar dari netizen Tanah Air.

PENJELASAN

Baca Juga:
Indra Sjafri Bocorkan Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-22 usai Hadapi Lebanon

Video tersebut dibuka dengan narasi yang menyatakan bahwa Indonesia memiliki kelebihan dalam transformasi sepak bola nasional.

Sang narator juga mengklaim bahwa PSSI mengaku Indonesia bisa mendatangkan banyak pemain hebat, salah satunya adalah pemain keturunan, yakni Kevin Diks.

Narator pun juga mengklaim bahwa Kevin Diks saat ini tengah menanti panggilan dari PSSI untuk dinaturalisasi. Lalu video tersebut memuat narasi bahwa penggawa FC Copenhagen itu belum menerima kontak dari PSSI.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola yang Terang-terangan Dukung Kemerdekaan Palestina

Sang narator juga membacakan pernyataan Kevin Diks yang menyebut dirinya mencintai Indonesia dan merasa bangga jika bisa bermain untuk Indonesia.

Setelahnya, video itu dilanjutkan dengan narasi mengenai kiprah Kevin Diks yang disebut sang narator cocok bagi Timnas Indonesia.

Narator video itu menyebutkan bahwa Kevin Diks bisa bermain sebagai gelandang serang dan juga bisa jadi gelandang di sayap entah itu di sisi kanan maupun sisi kiri.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Park Hang-seo Dikontrak PSSI 5 Tahun, Shin Tae-yong Gembira

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka Thumbnail dan judul video yang diunggah Kreator Bola tak sesuai dengan fakta yang ada di lapangan.

Apalagi jika melihat isi video tersebut, di mana dalam narasinya tak ada kata ataupun kalimat bahwa Kevin Diks penuhi panggilan PSSI dan mengurus dokumen tahap akhir.

Bahkan, narasi video tersebut juga tak sesuai judul, di mana tak ada kata ataupun kalimat yang mengatakan bahwa Kevin Diks tiba di Jakarta dan perkuat Timnas melawan Lebanon.

Video tersebut hanya memuat pernyataan Kevin Diks yang mengaku belum mendapat kontak dari PSSI dan dirinya menjadikan Timnas Indonesia sebagai opsi.

Jika menghubungkan Thumbnail, judul, dan narasi video tersebut, maka informasi yang diberikan oleh kanal YouTube Kreator Bola ini masuk dalam kategori hoaks.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More