Rauhanda Riyantama
Striker Timnas Indonesia U-22, Titan Agung, usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC. (Facebook/PSSI)

Bolatimes.com - Sejarah kembali terulang, begitulah harapan yang sekarang ada di pundak timnas Indonesia U-22 bersama Indra Sjafri di SEA Games 2023.

Selama 32 tahun Indonesia berpuasa medali emas sejak kali trerakhir Widodo Cahyono Putro meraihnya di SEA Games 1991.

Namun mundur sedikit 4 tahun yang lalu, skuad Garuda Muda telah menjadi juara di turnamen level Asia Tenggara.

Baca Juga:
Sepak Terjang Jeam Kelly Sroyer, Pemain Asal Papua yang Tersisa di Timnas Indonesia Proyeksi SEA Games 2023

Tepatnya di Piala AFF U-22 2019, perjalanan timnas Indonesia U-22 dalam meraih gelar tersebut banyak mengalami hal mirip.

Diawali dengan gelaran juara Piala AFF U-19 2019, saat itu juga ditangani Indra Sjafri sebagai pelatih dan Sumardji sebagai manajer.

Dua posisi itu saat ini di SEA Games 2023 juga diisi oleh orang sama, kemudian turnamen tersebut digelar di Kamboja.

Baca Juga:
Indra Sjafri Bocorkan Lawan Uji Coba Timnas Indonesia U-22 usai Hadapi Lebanon

Di mana SEA Games 2023 digelar, timnas Indonesia U-22 pun berada di satu grup dengan Kamboja saat itu bersama Myanmar dan Malaysia.

Ketiga partai puncak Piala AFF U-29 2019 lalu mempertemukan Indonesia dengan Thaialnd, pertemuan kedua tim di SEA Games 2023 terbuka sangat lebar.

Jika kedua tim sama-sama keluar sebagai juara grup di ajang ini, Indonesia dan Thailand bakal bertemu di partai final perebutan medali emas.

Baca Juga:
5 Pesepak Bola yang Terang-terangan Dukung Kemerdekaan Palestina

Hal itu akan menjadi final ulangan di Piala AFF U-19 2019, di mana Indonesia keluar sebagai juara usai menang dengan skor 2-1.

Dua gol Indonesia dicetak oleh Sani Rizky dan Osvaldo Haay, berbekal pengalaman itu timnas Indonesia U-22 diharapkan mampu membawa pulang medali emas SEA Games 2023.

Optimisme itu bertambah setelah skuad Indra Sjafri dipenuhhi para pemain berkualitas, termasuk dua pemain yang disebut-sebut bakal bergabung.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Park Hang-seo Dikontrak PSSI 5 Tahun, Shin Tae-yong Gembira

Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan, dua pemain abroad yang dipastikan Indra Sjafri segera bergabung pemusatan latihan timnas Indonesia U-22 di Jakarta.

Kontributor: Eko
Load More