Rauhanda Riyantama
Kiper Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa (Stephanus Aranditio/Bolatimes.com)

Bolatimes.com - Berikut deretan kiper terbaik sepanjang perhelatan Liga 1 2022-2023, di mana deretan penjaga gawang tim papan atas bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Dalam setiap kompetisi, biasanya fokus para penikmat diberikan kepada para Outfield Player atau para pemain seperti bek, gelandang, dan striker.

Perhatian paling banyak diberikan kepada para striker atau penyerang, yang kerap dianggap sebagai pahlawan timnya berkat gol-golnya.

Baca Juga:
Jadwal Wakil Indonesia di Badminton Asia Championships 2023, Jonatan Christie Langsung Ketemu Lawa Berat

Maka tak mengherankan jika mayoritas gelar Man of the Match dalam suatu pertandingan sepak bola diberikan kepada para pemain yang mencetak gol.

Memang peran Outfield Player tak bisa dipandang remeh. Begitu pula dengan sosok penjaga gawang yang jarang tersorot.

Padahal posisi penjaga gawang atau kiper merupakan posisi paling vital di sebuah pertandingan agar sebuah tim tak kebobolan gol.

Baca Juga:
Bali United Menang Dramatis atas PSIS Semarang, Teco: Pertandingan Menarik

Berbicara soal peran kiper, di Liga 1 musim 2022-2023 yang hanya menyisakan satu pertandingan ini, terdapat beberapa kiper yang tampil impresif dan konsisten hingga akhir-akhir musim.

Lantas, siapa saja kiper yang kerap tampil impresif sehingga layak diberikan status sebagai yang terbaik di Liga 1 2022-2023 ini? Berikut daftarnya.

1. Andritany Ardhiyasa (Persija Jakarta)

Baca Juga:
Media Vietnam Ungkap 2 Faktor yang Bikin Klub Thailand Pilih Rekrut Pratama Arhan Ketimbang Nguyen Quang Hai

Kiper Persija Jakarta Andritany Ardhiyasa. (Sumber: Instagram/@andritany).

Kiper sekaligus kapten Persija Jakarta, Andritany Ardhiyasa, menjadi salah satu, atau bahkan kiper terbaik di Liga 1 musim 2022-2023 ini.

Hal ini terbukti dari catatannya yang mampu mencetak Clean Sheet sebanyak 14 kali dari 33 laga dan hanya kebobolan 27 gol dari 33 laga, yang membuat Persija menjadi tim paling sedikit kebobolan musim ini.

Kehebatannya bukan hanya karena lini pertahanan yang solid, melainkan juga aksinya yang mampu melakukan 94 penyelamatan, di mana 3 penyelamatannya dibuat saat menghadapi momen penalti.

Baca Juga:
Jadwal Siaran Langsung Timnas Indonesia U-22 vs Lebanon, Misi Berburu Kemenangan

2. Reza Pratama (PSM Makassar)

Kiper PSM Makassar, Reza Pratama. (Dok. PSM)

Reza Pratama merupakan kiper muda milik PSM Makassar yang tengah naik daun, menyusul keberhasilannya membawa timnya menjuarai Liga 1 2022-2023.

Kiper berusia 22 tahun ini mampu tampil konsisten sepanjang gelaran Liga 1 2022-2023 dengan hanya kebobolan 24 gol dalam 32 laga, dari total 28 gol yang sudah masuk ke jala PSM.

Soal aksinya, Reza Pratama juga kerap melakukan save-save atau penyelamatan krusial bagi PSM, di mana ia mampu membuat 84 penyelamatan sepanjang Liga 1 musim ini.

3. Angga Saputra (Borneo FC)

Kiper Borneo FC, Angga Saputra. (Instagram/cecep.12)

Angga Saputra merupakan kiper yang jadi andalan Borneo FC dalam bersaing di papan atas sepanjang gelaran Liga 1 2022-2023 ini.

Penjaga gawang berusia 29 tahun ini tampil konsisten bagi tim berjuluk Pesut Etam itu dengan membuat Clean Sheet sebanyak 9 kali atau menjadi yang terbanyak ketiga di Liga 1 musim ini.

Selain itu, eks kiper Persebaya Surabaya ini memiliki jumlah kebobolan terbilang sedikit, yakni 25 gol dari 26 laga, yang membuat Borneo FC mampu bersaing di papan atas klasemen.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More