Arif Budi Setyanto
Timnas Indonesia U-22 saat uji coba lawan Bhayangkara FC jelang SEA Games 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Media Vietnam menyoroti persiapan timnas Indonesia U-22 jelang SEA Games 2023. Khususnya aturan dari manajer Sumardji yang meminta media tidak mewawancara pemain.

Sumardji belum lama ini menyampaikan bahwa media jangan memberikan panggung atau wawancara pemain. Hal itu karena dikhawatirkan pemain star syndrom.

"Satu hal saya mau sampaikan ke teman-teman, jangan mencoba coba wawancarai pemain. Saya minta tolong, sementara ini anak-anak biar fokus konsentrasi menyiapkan diri dan mentalnya karena mereka yang harus dijaga," kata Sumardji dilansir dari kanal YouTube PSSI, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga:
CEK FAKTA: Ketagihan Makan Rendang, Striker Keturunan Jawa Bela Timnas Indonesia di SEA Games 2023

Lebih jauh, Sumardji menjelaskan bahwa kelemahan para pemain Timnas Indonesia adalah mentalitas. Dia tidak ingin pemain, khususnya yang mendapat sorotan media, menjadi besar kepala alias star syndrome dan luma dengan aspek-aspek penting perihal sepak bola itu sendiri.

"Saya sudah jadi manajer dari 2019, kelemahan kita adalah mental. Salah satu penyebabnya adalah terlalu euforia anak-anak, akhirnya yang mau wawancara, naik segala pemberitaannya, mereka lupa kalau mereka pesepakbola pro ingin jadi artis. Ini yang selalu saya jaga," jelasnya.

Hal tersebut nyatanya menyedot atensi media Vietnam. Mereka menyebut hal ini merupakan salah satu kiat timnas Indonesia U-22 meraih medali emas.

Baca Juga:
Timnas Malaysia U-22 Congkak, Umbar Bisa Raih Medali Emas SEA Games 2023 Meski Masuk Grup Neraka

"Sepak bola Indonesia mengincar medali emas. Manajer Sumardji punya permintaan khusus kepada media selama persiapan SEA Games 2023," tulis laporan Soha.vn disadur pada Rabu (12/4/2023).

Timnas Indonesia U-22 sendiri tergabung di grup A bersama tuan rumah Kamboja, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Di grup lainnya ada Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, serta Laos.

Baca Juga:
Dikabarkan Dapat Kontrak dari Leicester City, Striker Muda Thailand Absen di SEA Games 2023

Load More