Irwan Febri Rialdi
Alexandre Pato merayakan gol saat laga Tianjin Quanjian vs Guangzhou Evergrande pada 15 Mei 2018 (AFP)

Bolatimes.com - Mantan pemain bintang Timnas Brasil, Alexandre Pato, yang dulunya pernah bersinar bersama AC Milan, kini sudah tak banyak terdengar kiprahnya. Bagaimana kabarnya saat ini?

Alexandre Pato belakangan ini bak menghilang ditelan bumi. Kiprahnya sudah seperti tak terdengar lagi. Padahal, ketika memasuki masa-masa emasnya, namanya sangat mencuat bersama AC Milan, terutama mulai musim 2007.

Ketika itu, Alexandre Pato direkrut tim asal Ibu Kota Italia ini dari Internacional. Padahal, ketika itu, usianya pato baru 17 tahun. Namun, perpindahan pemain ini melibatkan dana yang besar karena mencapai 24 juta euro.

Baca Juga:
Disanksi FIFA, PSSI Klaim Proyek Training Center Timnas di IKN Tetap Dibangun

Kiprahnya bersama AC Milan memang memukau. Di usia semuda itu, Pato digadang-gadang bakal menjadi bintang besar di masa depan.

Selama bermain untuk I Rossoneri, Pato memang sukses menyumbangkan 63 gol dan 18 assist dalam 150 penampilannya selama lima musim bermain untuk AC Milan. 

Salah satu prestasinya ialah membawa timnya merengkuh gelar juara Serie A 2010/2011. Dengan performa itu, banyak pihak tentu mengira bahwa Pato akan konsisten mencatatkan prestasi.

Baca Juga:
Efek Ranking FIFA Turun, Thailand Rencanakan Lawan 'Tim Lemah' di FIFA Matchday Juni 2023

Namun, setelah sempat mengalami cedera, performanya justru terus mengalami penurunan. Ketika hengkang dari AC Milan pada 2013, Pato kembali ke Brasil untuk bermain bersama Corinthians.

Namun, ia tak kunjung menemukan performa terbaiknya di tanah kelahiran sendiri. Saat menjalani masa pinjaman bersama Chelsea, hasilnya juga tak jauh berbeda. Pato tak mendapat banyak kesempatan bermain.

Setelah itu., ia menjajal peruntungan bersama Villareal di Liga Spanyol hingga bergabung dengan Tianjin Quanjian di Liga China. Dia juga pernah bergeser ke Major League Soccer (MLS) bersama Orlando City pada 2021.

Baca Juga:
4 Penyebab Man City Bantai Bayern Munich di Leg Pertama Perempat Final Liga Champions 2022/2023

Saat itu, Pato sukses menyumbangkan tiga gol dan tiga assist dari 19 penampilannya di kompetisi Amerika Serikat itu.

Setelah kontraknya bersama Orlando City berakhir pada Desember 2022, kini Alexandre Pato masih berstatus tanpa klub. Dia belum mendapatkan pelabuhan baru dan berambisi kembali bermain.

Sejatinya, usia pato belum tua-tua amat. Sebab, pemain yang sudah menyumbangkan 10 gol dari 27 penampilannya untuk Timnas Brasil ini baru berumur 33 tahun.

Baca Juga:
Profil Titan Agung, Pencetak Gol Timnas Indonesia U-22 ke Gawang Bhayangkara FC

Pengalaman dan pesona pemain asal Pato Branco ini bisa dipertimbangkan oleh klub-klub Indonesia yang bakal berburu pemain baru pada bursa transfer yang akan datang.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More