Rauhanda Riyantama
Muncul narasi yang menyebutkan bahwa PSSI resmi mengontrak Louis Van Gaal bersama Bambang Pamungkas untuk latih Timnas Indonesia U-23. (Youtube)

Bolatimes.com - Beredar informasi jika PSSI mengontrak Louis van Gaal dan Bambang Pamungkas untuk melatih Timnas Indonesia U-23. Benarkah informasi itu?

Informasi ini didapatkan dari video unggahan kanal YouTube Kreator Bola. Dalam Thumbnail video itu, tertulis ‘Van Gaal Dikontrak Jadi Pelatih Timnas U-23 dengan Bambang Pamungkas’.

Lalu di judul video itu, kanal YouTube Kreator Bola menuliskan bahwa PSSI menambah satu pelatih top dunia dan perpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Baca Juga:
3 Pemain Top yang Dicoret Indra Sjafri dari TC Timnas Indonesia U-22, Nomor 1 Kesayangan Shin Tae-yong

“YES TIMNAS FULL SENYUM!! PSSI TAMBAH 1 PELATIH TOP DUNIA & PERPANJANG KONTRAK STY,” bunyi judul video Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video berdurasi 3 menit 6 detik itu telah ditonton sebanyak 7 ribu kali lebih dan menuai delapan komentar dari netizen.

PENJELASAN

Baca Juga:
Video Detik-detik Pemain Dewa United Lucas Ramos Tendang Wajah Dony Tri Pamungkas, Ngeri!

Video yang diunggah Kreator Bola itu dibuka dengan narasi mengenai kontrak Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia.

Narator video tersebut menyatakan bahwa Shin Tae-yong dan petinggi PSSI akan bertemu sesegera mungkin untuk membahas mengenai Timnas Indonesia.

Kemudian, permintaan Shin Tae-yong untuk bertemu itu kemudian ditanggapi oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang juga menyoroti kontrak pelatih asal Korea Selatan itu.

Baca Juga:
Sandy Walsh Akhirnya Pulih dari Cedera, Pemain Keturunan Ikut Girang

Narator itu mengklaim bahwa Erick Thohir ingin memperpanjang kontrak Shin Tae-yong karena saat kontraknya habis, Timnas Indonesia akan bermain di Piala Asia 2024.

Sehingga, sang narator menyebut bahwa Erick Thohir akan menjadi kunci perpanjangan kontrak Shin Tae-yong. Apalagi narator video itu mengklaim bahwa Shin Tae-yong ingin bertahan di Timnas Indonesia.

Shin Tae-yong ingin membawa Timnas Indonesia lolos Piala Dunia 2026 di mana kuota Asia akan bertambah menjadi 8 hingga 9 tim.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Arema FC, Duel Panas Malam Ini

KESIMPULAN

Berdasarkan Thumbnail dan judul video tersebut, kanal YouTube Kreator Bola tak menyampaikan informasi sesuai fakta yang ada.

Sebab, tak ada laporan mengenai PSSI yang mengontrak Louis van Gaal dan Bambang Pamungkas sebagai pelatih Timnas Indonesia U-23.

Selain itu, judul video tersebut juga misinformasi, mengingat PSSI tak menambah pelatih top dunia dan belum memperpanjang kontrak Shin Tae-yong.

Di samping itu, narasi video itu tak menjelaskan sama sekali perihal Thumbnail dan judul yang digunakan, dan hanya memuat pernyataan Shin Tae-yong dan Erick Thohir saja.

Dengan penjelasan dan kesimpulan ini, bisa dikatakan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube Kreator Bola masuk dalam kategori Hoaks dan disinformasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More