Rauhanda Riyantama
Ilija Spasojevic merayakan hattrick bersama para pemain Bali United (Instagram)

Bolatimes.com - Jelang berakhirnya BRI Liga 1 2022-2023, sederet pemain lokal berhasil unjuk gigi dengan kemampuan tak kalah bersaing dengan para pemain asing.

Persaingan pemain lokal dan asing di Liga 1 2022 semakin hari semakin menaril, meski tak serta merta menguasai catatan menarik pun ditorehkan.

Banyak suara sumbang yang menyebut jika kualitas pemain lokal di Liga 1 redup setelah kalah bersaing dengan pemain asing.

Baca Juga:
3 Pemain Top yang Dicoret Indra Sjafri dari TC Timnas Indonesia U-22, Nomor 1 Kesayangan Shin Tae-yong

Khususnya di sektor penyerangan, para striker Tanah Air dinilai tak berkembang hingga bahkan berdampak pada kualitas timnas Indonesia.

Meski begitu, angin segar berhembus cukup menyegarkan di akhir musim Liga 1 2022-2023 dengan sederet pemain lokal yang trengginas.

Setidaknya ada 6 pemain lokal tersubur lewat torehan gol dan assist mereka sepanjang musim ini dan bersaing ketat dengan pemain asing.

Baca Juga:
Video Detik-detik Pemain Dewa United Lucas Ramos Tendang Wajah Dony Tri Pamungkas, Ngeri!

Lantas siapa saja pemain yang dimaksud? berikut deretan pemain lokal yang tampil trengginas hingga akhir Liga 1 2022.

1. Ilija Spasojevic

Striker naturalisasi Indonesia ini masih jadi andalan Bali United dan salah satu pesaing ketat para pemain asing dalam torehan gol dan assist.

Baca Juga:
Sandy Walsh Akhirnya Pulih dari Cedera, Pemain Keturunan Ikut Girang

Sepanjang musim ini Spasojevic sudah mengemas 16 gol dan 1 assist, menjadi pencetak gol terbanyak ketiga di bawah Mattheus Pato dan David da Silva.

2. Ramadhan Sananta

Liga 1 2022 menjadi panggung striker muda PSM Makassar, Ramadhan Sananta tak hanya berhasil membawa Juku Eja merengkuh gelar juara.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persebaya Surabaya vs Arema FC, Duel Panas Malam Ini

Ramadhan Sananta juga masuk dalam jajaran 10 besar pencetak gol terbanyak Liga 1 musim ini dengan 11 gol dan 2 assist.

3. Beto Goncalves

Namanya mungkin perlahan tenggelam, namun Beto Goncalves tetap menjadi salah satu striker berbahaya milik Indonesia di Liga 1.

Di musim ini, pemain naturalisasi asal Brasil itu sukse smengoleksi 10 gol dan 5 assist bersama Madura United.

4. Stefano Lilipaly

Kembalinya Lilipaly ke timnas Indonesia tak lepas dari performa impresif pemain naturalisasi asal Belanda ini di level klub.

Bersama Borneo FC, Lilipalu sukses mencatat 9 gol dan 9 assist, kepiawaiannya dalam mencatat assist juga terlihat di FIFA Matchday Indonesia melawan Burundi.

5. Dendy Sulitsyawan

Produk lokal milik Bhayangkara FC yang satu ini masih bekerja keras bersaing di level tertinggi sepak bola Indonesia.

Terlepas dari sosoknya yang jadi langganan timnas Indonesia era Shin Tae-yong, kualitas Dendy membawanya mengoleksi 9 gol dan 4 assist di Liga 1 2022.

Dedik Setiawan

Digadang-gadang sebagai striker masa depan Indonesia, Dedik masih saja berkutat dengan masalah klasik saat berada di tim nasional.

Namun hal itu tak terjadi di level klub, bersaama Arema FC ia mampu mencatat 9 gol dan 1 assist sepanjang musim ini.

Kontributor: Eko
Load More