Rauhanda Riyantama
Cek fakta Park Hang-seo cari kerja di PSSI. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Beredar informasi jika eks pelatih Vietnam, Park Hang-seo resmi menjadi Direktur Teknik PSSI yang baru usai tiba di Indonesia. Benarkah?

Informasi ini diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola lewat video unggahannya, di mana kanal tersebut menggunakan Thumbnail dengan narasi “PSSI KONTRAK PARK HANG-SEO JADI DIRTEK TIMNAS”.

Selain itu, video tersebut memuat judul bombastis yang menyebut pelatih asal Korea Selatan itu mencari kerjaan ke PSSI.

Baca Juga:
Terungkap Slot Klub Indonesia di Kompetisi Asia, Persib dan Persija Ikut Berebut Satu Tempat

“CARI KERJAAN KE PSSI!! PARK HANG SEO NEKAD BANTU TIMNAS LOLOS PIALA DUNIA - INI BUKTINYA,” bunyi judul video unggahan Kreator Bola.

Hingga artikel ini dibuat, video unggahan kanal Kreator Bola itu telah ditonton sebanyak 45 ribu kali lebih dan menuai 57 komentar dari netizen.

Baca Juga:
Rincian Dana yang Dibekukan FIFA Imbas Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

PENJELASAN

Video tersebut dibuka dengan narasi bahwa Park Hang-seo menjadi otak di belakang kesuksesan Timnas Vietnam baik di tim U-23 dan senior hingga mendapat julukan The Magician.

Lalu, narasi video tersebut mengungkapkan hubungan baik Park Hang-seo dan Shin Tae-yong yang punya hubungan bak kakak dan adik.

Baca Juga:
Daftar Liga di ASEAN dengan Hadiah Juara Terendah, Indonesia Salah Satunya

Lalu narasi video itu mengklaim bahwa Park Hang-seo tertarik membela Indonesia di kemudian hari, jika dirinya tak lagi menukangi Timnas Vietnam.

Video tersebut melanjutkan dengan narasi bahwa saat ini Park Hang-seo sudah tak lagi menukangi Vietnam dan tengah menganggur.

Ada kabar bahwa ia akan menukangi Timnas Korea Selatan U-21. Sayangnya, hingga saat ini belum ada kabar terbaru mengenai hal tersebut.

Baca Juga:
Tak Asing dengan Indonesia, Berikut 3 Pesepak Bola yang Pernah Jadi Rekan Setim Jay Idzes

Sehingga, narator video itu menyebutkan bahwa status Park Hang-seo menganggur ini bisa dimanfaatkan oleh Indonesia, baik untuk menjadi partner Shin Tae-yong.

Selain itu, Park Hang-seo bisa menjadi pelatih Timnas Indonesia U-20 atau menjadi Dirtek (Direktur Teknik) Timnas Indonesia. Namun semua itu tergantung PSSI.

KESIMPULAN

Melihat informasi yang dikemukakan lewat Thumbnail, judul, narasinya, video kanal YouTube Kreator Bola itu tak sesuai dengan fakta yang ada.

Sebab, klaimnya bahwa Park Hang-seo mencari pekerjaan di PSSI yang disematkan dalam judul dan Thumbnail video itu sama sekali tak terjadi.

Bahkan narasi video tersebut hanya berupa saran jika Park Hang-seo bisa menjadi rekan Shin Tae-yong atau menjadi Direktur Teknik Timnas Indonesia.

Kemudian narator video tersebut mengungkapkan ketertarikan Park Hang-seo menukangi Timnas Indonesia, di mana pernyataan ini juga tak memiliki sumber kredibel.

Dengan penjelasan dan kesimpulan di atas, bisa dikatakan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube Kreator Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks dan disinformasi.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More