Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Ibrahimovic Jadi Rebutan Persib Bandung dan Persija, Kontrak Panjang Sampai 2027. (YouTube Kilas Football)

Bolatimes.com - Penyerang veteran AC Milan, Zlatan Ibrahimovic dikabarkan jadi incaran dua klub besar Indonesia, Persija Jakarta dan Persib Bandung. Bahkan, striker 40 tahun itu akan mendapat kontrak jangka panjang.

Dikutip dari kanal YouTube Kilas Football pada Senin (10/4/2023) pengunggah membubuhi judul video "Kontak (Kontrak)Sangat Panjang Ibrahimovic Jadi Rebutan Persib-Persija.''

Dalam thumbnail video tersebut terdapat foto Ibrahimovic yang berseragam Persib Bandung dengan gambar logo Persija dan Persib di belakang sang pemain.

Baca Juga:
CEK FAKTA: Cari Kerja di PSSI, Park Hang-seo Direkrut Jadi Direktur Teknik Timnas Indonesia

Kemudian dituliskan juga kalimat "Kontak (Kontrak) Panjang Sampai 2027 Ibrahimovic Jadi Rebutan Persib-Persija dengan teks berwarna putih dan kuning.

Lalu benarkah informasi tersebut? berikut faktanya.

CEK FAKTA

Baca Juga:
Profil Jay Idzes, Bek Klub Kasta Tertinggi Liga Belanda yang Ingin Bela Timnas Indonesia

Dari hasil penelusuran video berdurasi 5 menit 26 detik dan telah ditonton sebanyak 4,9 ribu kali itu terdapat beberapa kejanggalan, di antaranya:

1. Kesesuaian Judul dengan Isi

Dari judul dan isi yang disampaikan oleh pihak narator terdapat ketidaksesuaian. Pada judul disebutkan rebutan Persib dan Persija sementara isi dari video tersebut tidak menjelaskan upaya apa yang dilakukan kedua klub untuk memboyong Ibrahimovic.

Baca Juga:
Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman Saling Berbalas Komentar Jelang Duel di BRI Liga 1

Pihak narator juga tidak menyebutkan klub mana antara Persib dan Persija yang mengontrak Ibrahimovic hingga tahun 2027.

2. Relevansi Konten

Konten tersebut tidaklah relevan dengan kondisi sepakbola Indonesia karena bursa transfer pemain untuk musim 2023/2024 belum dibuka.

Baca Juga:
Persib Bandung Dihajar Persita Tangerang 0-4, Luis Milla: Ini Kekalahan Menyakitkan

3. Informasi Resmi Persib Bandung dan Persija Jakarta

Dikutip dari laman resmi Persib dan Persija tidak ada yang menyinggung soal kedatangan ataupun kontrak panjang hingga tahun 2027 dari kedua klub tersebut.

Narator hanya berasumsi bahwa kedua klub terbesar di Indonesia itu dianggap mampu untuk mendatangkan Ibrahimovic sebagaimana Persib Bandung pernah mendatangkan Essien beberapa musim lalu.

KESIMPULAN

Dari hasil penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa konten dengan judul  IBRAHIMOVIC JADI REBUTAN PERSIB-PERSIJA adalah tidak benar atau hoax.

Load More