Rauhanda Riyantama
Peluncuran merchandise resmi Piala Dunia U-20 2023 oleh Ketua Umum PSSI Erick Thohir, Menpora Zainudin Amali, dan Mochtar Sarman selaku CEO Juara (Dok. PSSI).

Bolatimes.com - Kekinian beredar rumor bahwa Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah FIFA mencabut status tuan rumah buntut penolakan terhadap Israel. Informasi tersebut beredar di akun fanpage Facebook, Lensa Olahraga.

Informasi klaim Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 beredar melalui akun Lensa Olahraga di media sosial Facebook. Akun tersebut menuliskan narasi sebagai berikut.

"Akhirnya tercapai! FIFA memutuskan Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U 20 dengan syarat ini".

Baca Juga:
Hasil Donasi dari Followers, Akun Sepak Bola Garuda Revolution Resmikan Masjid di Jawa Barat

Tidak ketinggalan konten kreator menuliskan tulisan pada cover video agar meyakinkan pembaca, dengan caption berikut: FIFA putuskan Indonesia tetap menjadi tuan rumah Piala Dunia U 20 2023.

Tim cek fakta suara serang melakukan penyelidikan dengan mencocokan data serta narasi yang beredar  itu, dan tim mengungkap bahwa tidak ditemukan kalau Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pasca penolakan tim Israel bermain di Piala Dunia U 20.

Saat penelusuran dalam video hanya terdiri dari penggalan beberapa video yang berisikan, Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang sedang berada di Qatar.

Baca Juga:
Kisah Pelatih Timnas Vietnam Philippe Troussier yang Jadi Mualaf, Kini Ada 'Omar' di Namanya

Erick Thohir berada di Qatar dalam rangka lobi Presiden FIFA. Narator dalam konten video itu menyebut bahwa Erick Thohir melakukan negoisasi pasca FIFA jatuhkan sanksi terhadap Indonesia dengan mencabut hak sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Usai mengamati narasi dan pencocokan data, tim cek fakta tidak menemukan Indonesia tetap jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pasca mendapat coretan tidak sebagai penyelenggara sepakbola bergengsi itu.

Kesimpulan

Baca Juga:
5 Pelatih yang Paling Sering Dipecat, Ada Jose Mourinho hingga Carlo Ancelotti

Dari penjelasan di atas bahwa tidak benar kalau Indonesia kembali jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pasca mendapat coretan resmi dari FIFA.

Sehingga konten video yang mengklaim Indonesia tuan rumah Piala Dunia U 20 pasca penolakan Timnas Israel bermain di Indonesia, tidak benar.

Konten tersebut termasuk konten disinformasi atau kontan dengan kategori hoaks. Sebab, FIFA dalam laman resmi menyatakan, Indonesia tidak lagi sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Beredar Video Cristiano Ronaldo Marah-marah usai Al Nassr Ditahan Imbang Al Feiha

Load More