Irwan Febri Rialdi | Adie Prasetyo Nugraha
qIndra Sjafri menyebut Kamboja perlu diwaspadai di SEA Games 2023 (PSSI)

Bolatimes.com - Bek Timnas Indonesia U-22, Komang Tri Arta, membeberkan menu latihan yang diterapkan oleh pelatih Indra Sjafri. Para pemain Garuda Muda diminta berani menguasai bola dan membangun serangan dari belakang.

Isyarat untuk menerapkan "possession football" itu disebut Komang Tri Arta telah diterapkan selama pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-22 di Jakarta jelang SEA Gamees 2023.

"Coach Indra mengajarkan kita harus bermain dari bawah, passing harus jalan, dan instruksi beliau, kita harus berani build-up dari belakang,” kata Komang dilansir dari laman PSSI, Sabtu (8/4/2023).

Baca Juga:
Harapan Erick Thohir usai Indonesia Lepas dari Sanksi Berat FIFA: Kibarkan Bendera Merah Putih di Mancanegara

Penggawa Bali United Youth, Komang Tri Arta Wiguna, saat mengikuti TC bersama timnas U-19 di Thailand. (Dok. Bali United)

TC Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan SEA Games sudah memasuki hari kedelapan. Sejak Kamis (6/4/2023), pelatih Indra Sjafri sudah fokus latihan taktik.

Berdasarkan hasil latihan dalam sepekan terakhir, Komang menjelaskan bahwa masih ada aspek yang harus disempurnakan dia dan rekan-rekannya.

Pelatih Indra Sjafri dan staf salah satunya menyoroti dan terus menyempurnakan kemampuan Timnas Indonesia U-22 untuk melakukan transisi dari bertahan ke menyerang.

Baca Juga:
Tak Tahu Malu, Media Israel Sebut Indonesia Negara Terbelakang Gegara Gagal Gelar Piala Dunia U-20 2023

Coach Indra Sjafrie, pelatih Timnas Indonesia U-22 yang akan bermain di Sea Games 2023 (pssi.org)

"Untuk evaluasi, kita masih belajar cara bermain dan taktikal dari bertahan ke menyerang untuk mencetak gol,” kata Komang Tri Arta.

Meski latihan banyak berfokus pada aspek taktikal, Komang menjelaskan bahwa dia dan rekan-rekannya juga mendapatkan arahan untuk mengasah mental bertanding.

Segala latihan yang telah dijalani akan dipraktikan ketika Timnas Indonesia U-22 menjalani rangkaian uji coba jelang SEA Games 2023.

Baca Juga:
Nama Ronaldo Kwateh Tak Ada Dalam Daftar Skuad Bodrumspor vs Boluspor, Kode Bakal Merapat ke Timnas Indonesia U-22?

"Tentunya saya pribadi persiapan di mental, kita akan melawan tim-tim kuat seperti saat nanti di uji coba," kata Komang Tri menambahkan.

Timnas Indonesia U-22 terhindar dari grup neraka dalam SEA Games 2023. Tim Merah Putih tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

SEA Games 2023 akan bergulir pada 5-17 Mei mendatang. Namun, khusus cabang olahraga (cabor) sepak bola akan berlangsung lebih cepat mulai 29 April mendatang.

Baca Juga:
Justin Hubner Main Penuh, Wolves U-21 Cuma Main Imbang Lawan Tottenham Hotspur U-21

Load More