Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-22 melakukan pertandingan uji coba internal di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (7/3/2023), sebagai persiapan menuju SEA Games 2023. (ANTARA/Michael Siahaan)

Bolatimes.com - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri segera menentukan skuad untuk SEA Games 2023. Promosi dan degradasi pemain akan dilakukan.

Dari puluhan pemain yang dipanggil ke pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-22, hanya ada 20 nama yang dibawa ke SEA Games 2023 Kamboja.

Indra Sjafri dan tim menyeleksi pemain yang layak tampil di kejuaraan olahraga multicabang tersebut.

Baca Juga:
Masuk Pot 4, Timnas Indonesia Berpotensi Masuk Grup Berat Piala Asia 2023

"Besok, kami mulai promosi degradasi pemain," ujarnya di sela syukuran Indonesia terbebas dari sanksi berat FIFA di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (7/4/2023) seperti dikutip dari Antara.

Sebelum terbang ke Kamboja, Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan melakoni pertandingan uji coba. Dua lawan telah ditentukan, sedangkan satu rival lainnya belum diumumkan.

"Setelah (promosi degradasi), ada empat kali uji coba pada tanggal 11 April dengan tim lokal, 14 dan 16 April melawan Lebanon, dan terakhir pada 18 April," ungkap sosok yang juga Direktur Teknik PSSI tersebut.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Ricky Cawor On Fire, PSS Sleman Bungkam Bali United

Lebih lanjut, Indra Sjafri menyebut  ada empat hal yang harus disiapkan untuk menghadapi SEA Games 2023.

"Tidak hanya tidak hanya mental, tapi kemampuan skill taktikal yang setiap hari kami latihan dan peningkatan kondisi fisik juga. Terakhir kita harus maintenance mental mereka, terutama banyak pemain yang baru keluar dari kompetisi jangka panjang di Liga 1. Jadi kita perlu penanganan khusus terhadap bagaimana mereka bisa bugar pada SEA Games 2023,"terangnya.

SEA Games 2023 dijadwalkan berlangsung di Kamboja pada 5-17 Mei mendatang. Untuk cabang olahraga sepak bola akan memulai babak penyisihan lebih awal pada 29 April.

Baca Juga:
Kata Beckham Tentang Persiapan Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023

Timnas Indonesia U-22 tergabung dalam grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar serta Timor Leste.

Load More