Irwan Febri Rialdi
Cek fakta 22 negara barat sepakat boikot FIFA. (YouTube/Pecinta Bola Indonesia)

Bolatimes.com - Sebuah kanal YouTube yang membahas soal sepak bola, Pecinta Bola Indonesia, mengunggah sebuah video dengan narasi bahwa negara-negara barat memboikot FIFA.

Diklaim dalam judul video tersebut bahwa alasan negara-negara barat ini meninggalkan FIFA adalah Israel yang bermain di Piala Dunia U-20 2023.

Video ini masih membahas seputar batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. FIFA dikabarkan membatalkannya karena penolakan Israel bermain di Indonesia oleh berbagai pihak.

Baca Juga:
Siap Jadi Saingan Asnawi Mangkualam, Wonderkid Malaysia Tampil Enerjik Bersama Klub Korea Selatan

“BELA MATI"AN INDONESIA - 22 NEGARA BARAT TINGGALKAN FIFA JIKA ISRAEL TETAP MENTAS DIPIALA DUNIA?,” bunyi judul video Pecinta Bola Indonesia.

Penjelasan

Video yang dunggah oleh channel tersebut pada Rabu (5/4/2023) itu berdurasi 2 menit 1 detik yang sudah disaksikan lebih dari 48 ribu pemirsa.

Baca Juga:
Kalahkan Persebaya Surabaya, Thomas Doll Justru Lempar Pujian ke Aji Santoso

Dalam narasi tayangan ini, disebutkan bahwa Liga Arab mengancam keluar dari FIFA karena dicoretnya Indonesia sebagai tuan rumah.

Inilah buntut panjang sebagai tanggapan atas keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah laga Piala Dunia U-20 2023, karena gencar melancarkan penolakan atas  Timnas Israel.

Disebutkan pula bahwa FIFA menerapkan standar ganda. Yaitu menolak Rusia berpartisipasi dalam segala kejuaraan bola karena negara itu melakukan invasi ke Ukraina. 

Baca Juga:
Update Ranking BWF Terbaru: Gregoria Dekat ke 10 Besar, Fajar/Rian Kokoh di Peringkat Satu Dunia

Akan tetapi dalam kejadian penyerangan tentara Israel dalam Liga Palestina yang menandingkan Batala dengan Jabar El Mukaber, FIFA tutup mata.

Sebetulnya, FIFA memang sudah mendapat kecaman dari berbagai pihak baik karena membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dan penyerangan yang dilakukan Israel ke Palestina.

Namun, sejauh ini belum ada kabar pasti mengenai boikot yang dilakukan oleh beberapa negara kepada FIFA.

Baca Juga:
Cerita Sandy Walsh di Bulan Ramadan, Tetap Ikut Puasa Meskipun Bukan Muslim

Kesimpulan

Video yang ditayangkan dengan isi narasi yang terdapat di dalamnya jelas berbeda. Judul video tersebut menyebut bahwa negara barat, sedangkan isi narasi video menyebut negara-negara di Liga Arab.

Sama sekali tidak ada narasi maupun video clip tentang negara-negara Eropa mana saja yang melakukan boikot atas FIFA.

Oleh karena itu, video yang diunggah channel YouTube Pecinta Bola Indonesia masuk ke dalam kategori berita hoaks.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More