Irwan Febri Rialdi
Wallace Costa saat masih membela PSIS Semarang. (Dok. LIB)

Bolatimes.com - Mantan pemain PSIS Semarang, Wallace Costa Alves, terpaksa meninggalkan Indonesia karena dideportasi oleh Kantor Imigrasi Kelas II Kediri karena overstay selama 90 hari setelah masa berlaku visanya habis.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Kediri, Denny Irawan, menjelaskan bahwa Wallace Costa yang pernah bermain untuk PSIS Semarang ini dipulangkan ke negara asalnya, Brasil, bersama istri dan ketiga anaknya.

Dari penjelasan Direktorat Jenderal Imigrasi, Wallace Costa dipulangkan ke Negeri Samba melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kamis (6/4/2023) dini hari WIB.

Baca Juga:
Eks Kapten PSIS Semarang Dideportasi dari Indonesia, Sang Istri Posting Begini

“WNA tersebut merupakan eks pemain sepak bola di Liga 1 yang sudah tidak mempunyai klub karena kontraknya telah habis dengan PSIS Semarang,” kata Denny, dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, pada Kamis (06/04/2023).

“Lalu dia keluar Indonesia dan masuk lagi dengan Visa On Arrival untuk mencari klub baru. Lantaran tidak mendapatkan kontrak baru sehingga overstay dan melaporkan diri ke Kantor Imigrasi Kediri,” imbuhnya.

Wallace Costa dan keluarganya akan terbang menggunakan maskapai Qatar Airlines QR 955 rute Jakarta-Doha, lalu diteruskan menuju Brasil.

Baca Juga:
Masuk ke Grup Neraka di SEA Games 2023, Pelatih Malaysia U-22 Bilang Begini

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini awalnya diberangkatkan dari Kediri menuju Jakarta dengan kawalan khusus dari petugas Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (Inteldakim) Kantor Imigrasi Kediri.

“Karena yang bersangkutan tidak mempunyai biaya akhirnya WCA dan keluarganya dideportasi dengan dibiayai oleh pihak Embassy Brazil,” ujar Denny.

Sempat Jadi Pemain Andalan PSIS Semarang

Baca Juga:
Media Inggris Sebut Daniel Sturridge sedang Diminati 3 Klub Indonesia, Ada Persija Jakarta

Wallace Costa usai mencetak gol ke gawang PSS Sleman, Rabu (17/3/2022). (Instagram/@liga1match)

Wallace Costa Alves sebetulnya sempat berstatus sebagai pemain andalan PSIS Semarang di kompetisi Liga 1. Sebelumnya, ia mengawali kariernya di Indonesia saat direkrut Persela Lamongan pada 2018.

Baru pada 2019, Wallace Costa direkrut oleh PSIS Semarang. Bek tengah berusia 36 tahun ini bahkan juga sempat berstatus sebagai kapten Mahesa Jenar.

Bersama PSIS Semarang, Wallace Costa juga menjelma sebagai sosok bek tengah yang produktif mencetak gol. Sebab, dari total 65 penampilannya bersama Mahesa Jenar, ia sudah berhasil menyumbang total 13 gol.

Baca Juga:
Menilik Kans Daniel Sturridge Main di Liga Indonesia setelah Tiga Klub Dikabarkan Berminat

Namun, kontraknya bersama PSIS Semarang sudah berakhir sejak April 2022. Setelah itu, pemain asal Rio de Janeiro ini beberapa kali terlihat bermain Tarkam. 

Bahkan, hingga visanya alias izin tinggal di Indonesia sudah kedaluwarsa, Wallace Costa tak kunjung mendapatkan pelabuhan baru di Indonesia.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More