Rauhanda Riyantama
Aksi Arkhan Kaka saat debut bersama Persis Solo di BRI Liga 1 2022. (Dok. Persis Solo)

Bolatimes.com - Melihat momen penyerang muda Persis Solo, Arkhan Kaka, kala berhasil memecahkan rekor pemain termuda yang tampil dalam sejarah Liga 1.

Liga 1 musim 2022-2023 telah memainkan pekan ke-32. Salah satu pertandingan di pekan tersebut adalah Persib Bandung vs Persis Solo, Selasa (4/4).

Dalam duel yang berlangsung di Stadion Pakansari tersebut, Persib selaku tuan rumah berhasil menggasak tamunya itu dengan skor 3-1.

Baca Juga:
Eks Kapten PSIS Semarang Dideportasi dari Indonesia, Sang Istri Posting Begini

Sejatinya, Persis mampu unggul terlebih dulu lewat tendangan bebas Jaimerson Da Silva di menit ke-26. Namun keunggulan itu mampu disamakan oleh Persib lewat David da Silva lewat titik putih di akhir babak pertama.

Di babak kedua, tim berjuluk Maung Bandung itu makin tampil trengginas dan berhasil menjaringkan dua gol tambahan lewat David da Silva di menit ke-63 serta Frets Butuan di menit ke-80.

Alhasil, Persib pun berhasil meraih tiga poin berkat kemenangan 3-1 atas tamunya yang berjuluk Laskar Sambernyawa tersebut.

Baca Juga:
Pantas Dennis Wise Beri Dukungan, Ada 8 Jebolan Garuda Select di Timnas Indonesia U-22 Jelang SEA Games 2023

Meski tumbang di pekan ke-32, Persis menghadirkan sejarah baru di kancah Liga 1. Hal ini tak lepas dari debut pemain mudanya, Arkhan Kaka.

Arkhan Kaka diberi kesempatan oleh pelatih Persis, Leonardo Medina, untuk unjuk gigi di partai melawan tim sekelas Persib.

Saat itu, anak dari mantan penyerang Persija Jakarta, Purwanto, itu masuk di menit ke-70, menggantikan pemain senior yakni Irfan Bachdim.

Baca Juga:
Masuk ke Grup Neraka di SEA Games 2023, Pelatih Malaysia U-22 Bilang Begini

Saat menjejakkan kakinya ke lapangan, Arkhan Kaka pun lantas membuat sejarah dengan menjadi pemain termuda yang tampil di Liga 1.

Penyerang Timnas Indonesia U-16 ini berhasil tampil di Liga 1 2022-2023 saat usianya baru 15 tahun 7 bulan 2 hari. Usia tersebut menjadi rekor tersendiri dalam sejarah Liga 1.

Baca Juga:
Media Inggris Sebut Daniel Sturridge sedang Diminati 3 Klub Indonesia, Ada Persija Jakarta

Sebagai informasi, Dony Tri Pamungkas tampil pertama kalinya di Liga 1 di usia 16 tahun 8 bulan 7 hari saat membela Persija di laga kontra Persita Tangerang pada Liga 1 2021-2022 (28/9/21) lalu.

Selain mengalahkan Dony Tri, Arkhan Kaka juga mengalahkan dua seniornya di Timnas Indonesia U-20, yakni Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan.

Ronaldo Kwateh sendiri baru tampil di Liga 1 pada usia 16 tahun 10 bulan 15 hari. Sedangkan Marselino Ferdinan pertama kali tampil di ajang itu pada usia 17 tahun 2 hari.

Dengan fakta tersebut, Arkhan Kaka pun diprediksi bisa mengikuti jejak senior-seniornya di Timnas Indonesia U-20 itu, dengan menjadi andalan bagi klubnya ataupun berkarier di luar negeri.

Apalagi, Arkhan Kaka tergolong penyerang andal di Timnas Indonesia U-16. Selain itu, ia juga didukung postur memadai, dengan tinggi 1,86 meter di usia yang baru 15 tahun.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More