Irwan Febri Rialdi
Presiden Persikabo 1973, Bimo Wirjasoekarta. (Foto: PSSI)

Bolatimes.com - Presiden Persikabo 1873, Bimo Wirjasoekarta, mendapatkan sanksi dan hukuman dari FIFA sebagai buntut dari aksi intimidasinya terhadap salah satu pemain asing, Alex Goncalves.

Hukuman ini dijatuhkan Komite Etik FIFA kepada Bimo Wirjasoekarta pada Selasa (4/4/2023). Dalam pernyataannya, FIFA menyebut Bimo telah melanggar Kode Etik FIFA edisi 2023 Pasal 24 (Perlindungan fisik dan integritas mental), Pasal 26 (Pelecehan berdasarkan posisi), dan Pasal 14 (Tugas-tugas umum).

Akibat hal tersebut, FIFA menjatuhkan sanksi kepada Bimo Wirjasoekarta berupa larangan aktif di kegiatan sepak bola selama dua tahun dan denda sebesar Rp164 juta.

Baca Juga:
Kisah Presiden FIFA Gianni Infantino yang Enggan Ikut Campur Konflik Israel dan Palestina

"Dewan kehakiman (Komite Etik) melarang Presiden klub Tira Persikabo, Tuan Bimo Wirjasoekarta, untuk ambil bagian dalam aktivitas terkait sepak bola dengan durasi dua tahun (ditangguhkan untuk masa percobaan selama tiga tahun), setelah dinyatakan bersalah karena melakukan tindakan intimidasi, pemaksaan, ancaman, dan mengeksploitasi seorang pemain. Dewan Penghakiman juga menjatuhkan denda sebesar 10.000 franc Swiss (sekitar Rp 164.516.296) kepada Tuan Wirjasoekarta," demikian pernyataan FIFA dalam laman resminya.

Profil Bimo Wirjasoekarta

Selain menjabat sebagai Presiden Persikabo 1973, Bimo Wirjasoekarta juga menduduki sejumlah jabatan. Salah satunya yakni sebagai Direktur PT Danayasa Arthatama. Perusahaan ini bergerak dalam pengelolaan properti di kawasan SCBD, Jakarta.

Baca Juga:
Bukan Vietnam, Indra Sjafri Soroti Kamboja di SEA Games 2023

Sebelum menduduki jabatan itu, Bimo Wirjasoekarta sempat mengepalai Unit Penyelesaian Kredit Bermasalah di Bank Artha Graha. 

Dia juga mendapat beberapa jabatan lain di PT Bakti Artha Reksa Sejahtera. Tak hanya itu saja, kiprahnya juga cukup aktif di kegiatan-kegiatan yang digalang oleh Artha Graha Peduli.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari situs SCBD, Bimo diketahui telah menuntaskan pendidikan jenjang sarjananya di Politics and International Relations dari University of Westminster, London.

Baca Juga:
Media Vietnam Ragu Timnasnya Bisa Pertahankan Gelar Juara di SEA Games, Kesempatan Indonesia Merebutnya?

Setelah mendapatkan gelar Bachelor of Science (BSc.), Bimo kemudian melanjutkan studinya di Security Studies in Politics and Terrorism dari University College London untuk mendapatkan gelar Master of Science (Msc.).

Sayangnya, kiprah Bimo Wirjasoekarta di dunia sepak bola Indonesia harus tercoreng karena mendapatkan sanksi dan hukuman tegas dari FIFA.

Meski tidak menyebut kasus atau masalah yang menyeret Bimo, namun diduga hal itu terkait perselisihan Persikabo dengan mantan pemainnya Alex Goncalves yang sempat menuntut pembayaran gaji secara penuh.

Baca Juga:
Punya Pengalaman, 2 Pemain Timnas U-20 Ini Layak Dipanggil untuk Main di Piala Dunia U-17

Pemain Brasil yang pernah membela Persikabo pada 2020 sampai 2021 itu diketahui menuntut pembayaran gaji, meski saat itu PSSI telah mengeluarkan surat keputusan perihal pembatasan nilai gaji pemain sebesar 25 persen akibat kompetisi vakumnya Liga 1 karena pandemi.

Alex lantas mengadukan kasusnya ke FIFA saat ia pindah ke Persita Tangerang. Namun Persikabo sempat menahan surat keluar sang pemain yang membuatnya terhambat untuk bergabung ke Persita.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More