Rauhanda Riyantama
Dito Ariotedjo resmi dilatik sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga. (Instagram/ditoariotedjo)

Bolatimes.com - Dito Ariotedjo resmi menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga yang baru usai dilatih Presiden Joko Widodo pada Senin (3/4/2023). Ia kini siap meninggalkan jabatannya sebagai chairman RANS Nusantara FC, salah satu klub Liga 1.

Dalam pernyataannya, Dito Ariotedjo mengungkapkan alasan ingin cabut dari RANS Nusantara FC. Ia tak ingin terlibat konflik kepentingan saat menjabat Menpora.

"Dito menjelaskan, tugas Menpora adalah menaungi semua cabang olahraga dan setiap klub yang berada di dalamnya. Karena itu, ia tak bisa lagi mengemban posisi di salah satu klub sepak bola,'' ujar Dito usai pelantikan di Istana Negara, Senin (3/4/2023).

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-20 Batal Mentas di Piala Dunia U-20, 3 Pemain Keturunan Tetap Berhasrat Bela Skuad Garuda

"Pastilah (mundur dari RANS), kan otomatis sebagai Menpora saya harus menaungi semua stakeholder, jadi tidak ada conflict of interest, jadi saya akan mundur," lanjutnya.

Kader Golkar ini juga meyakini pengunduran dirinya sebagai Chairman tidak akan berimbas besar pada klub. Sebab, tugasnya bisa digantikan oleh chairman lainnya.

"Di Rans sebenarnya chairman-nya kan ada tiga. Saya mundur, nonaktif enggak masalah," tuturnya.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: Big Match Persib Bandung vs Persis Solo

Selain itu, pemilik RANS Nusantara FC, Raffi Ahmad juga disebutnya mendukung penuh dirinya yang kini mengemban jabatan baru sebagai Menpora.

"(Raffi) Bahagia lah karena (saya) mendapat tugas yang lebih besar," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi melantik Dito Ariotedjo sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Senin (3/4/2023). Dengan demikian, kursi Menpora yang ditinggal Zainuddin Amali itu telah diisi oleh Dito.

Baca Juga:
Sama-sama Dicoret, Alasan Pembatalan Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023 di Peru Berbeda dengan Indonesia

Profil Dito Ariotedjo

Diketahui, lelaki bernama lengkap Ario Bimo Nandito Ariotedjo ini akan menggantikan Zainudin Amali yang mundur dari kursi Menpora. Dito Ariotedjo merupakan salah satu nama yang diusulkan Ketum Golkar Airlangga Hartarto ke Presiden Jokowi.

Dito Ariotedjo adalah Ketua Umum DPP Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) periode 2017-2022, organisasi kepemudaan yang berada di bawah Partai Golkar. Dito diketahui juga menjadi Ketua Panitia HUT Golkar ke-58 pada tahun lalu.

Baca Juga:
Sama-sama Dicabut Status Tuan Rumah Piala Dunia, FIFA Pilih Kasih Soal Sanksi Indonesia dan Peru

Pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu adalah pengusaha yang pada 2021 lalu bekerja sama dengan Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk Rans Sport.

Dito juga pernah menjabat Chef de Mission kontingen Indonesia ke Youth Olympic 2018 Argentina dan menjadi pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) DKI Jakarta.

Ia kini menjabat sebagai Chairman Rans Nusantara FC yang berlaga di Liga 1 2022/2023 dan bagian dari Rans PIK Basketball di Indonesia Basketball League (IBL).

Load More