Rauhanda Riyantama
PSM Makassar juara BRI Liga 1 2022/2023. (dok. PSM)

Bolatimes.com - PSM Makassar mencatatkan sejumlah fakta menarik setelah berhasil merengkuh gelar juara Liga 1 2022/2023. Fakta-fakta ini menghiasi catatan istimewa Juku Eja di musim ini.

Sebelumnya, gelar juara Liga 1 2022-2023 sukses dikunci PSM Makassar pada pertandingan pekan ke-32 saat bertandang ke markas Madura United, Jumat (31/3/2023).

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, itu berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan PSM Makassar.

Baca Juga:
Akun FIFA Soroti PSM Makassar yang Juara BRI Liga 1, Netizen: Cuma Pengalihan Isu

Tiga gol tim asuhan Bernardo Tavares pada pertandingan ini masing-masing dicetak lewat brace Wiljan Pluim pada menit ke-4 dan 10', kemudian Kenzo Nambu pada menit ke-48.

Satu gol balasan tuan rumah dicetak oleh Hugo Gomes pada menit ke-51, hasil ini sekaligus mengiringi fakta menarik yang diukir skuad Juku Eja.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga fakta menarik yang mengiringi keberhasilan PSM Makassar menjuarai BRI Liga 1 2022/2023.

Baca Juga:
AFC Ikut Kutuk Israel, Imbas FIFA Cabut Status Indonesia Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023?

1. Tidak Punya Homebase

PSM Makassar memang menjadi salah satu kontestan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia yang tidak memiliki stadion sebagai kandangnya.

Sebab, PSM Makassar sudah kehilangan markasnya, Stadion Mattoanging, yang telah dirobohkan untuk proses renovasi.

Baca Juga:
Bela Indonesia yang Dicabut Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Media Palestina Serang FIFA

Itulah sebabnya, sampai saat ini, skuad Juku Eja tak memiliki markas yang tetap meski berhasil meraih gelar juara Liga 1 2022-2023.

2. Mengungsi ke Parepare

Karena tidak memiliki stadion kandang di kompetisi Liga 1 2022-2023, PSM Makassar harus terusir ke luar kota. Mereka memilih untuk berkandang di Parepare.

Baca Juga:
Daftar Peraih Juara Liga Indonesia Sepanjang Sejarah, Terkini PSM Makassar

Venue yang digunakan ialah Stadion Gelora B.J. Habibie. Selama kompetisi musim ini digelar, stadion inilah yang menampung skuad Juku Eja.

Mereka juga menjadi saksi bisu perjuangan PSM Makassar yang selalu impresif saat menghadapi laga kandang.

3. Mengandalkan Pemain Lokal

Pada musim ini, keberhasilan PSM Makassar untuk meraih gelar juara Liga 1 2022-2023 tak terlepas dari kontribusi para pemain lokalnya yang sangat apik.

Pada musim ini, para pemain lokal PSM juga bukanlah nama-nama yang mewah dengan bertabur pemain bintang. Akan tetapi, kerja keras dan semangat juang menjadi pembeda.

Sebut saja sosok Ramadhan Sananta. Striker berusia 20 tahun ini berstatus sebagai pencetak gol terbanyak skuad Juku Eja dengan 11 gol musim ini.

Selain itu, ada pula Yakob Sayuri yang punya catatan impresif. Yakob sudah menyumbang enam gol dan tujuh assist untuk tim asuhan Bernardo Tavares

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More