Husna Rahmayunita | Adie Prasetyo Nugraha
Reaksi Hokky Caraka dan pemain Timnas U-20 usai Indonesia batal gelar Piala Dunia U-20. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Pemain Timnas Indonesia U-20 akan diundang Presiden Joko Widodo atau Jokowi ke Istana Negara setelah mengubur mimpi ke Piala Dunia U-20.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengungkap Presiden Jokowi akan mengundang skuad Timnas Indonesia U-20 ke Istana Negara dalam beberapa hari ke depan. Ini menyikapi dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA.

FIFA resmi mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, Rabu (29/3/2023) lalu. Tidak dijelaskan secara detail, namun diduga karena banyak gelombang penolakan dari berbagai kalangan terkait keikutsertaan Israel.

Baca Juga:
4 Mesin Gol Garuda Select saat Permalukan Tim Inggris, Nabil Asyura Tersubur

Tentu saja keputusan FIFA tersebut paling dirasakan oleh para pemain Timnas Indonesia U-20 di mana mereka sudah berjuang cukup lama agar bisa tampil di kejuaraan elite tersebut. Kini, mimpi anak-anak asuh Shin Tae-yong harus sirna setelah FIFA mengambil keputusan.

Untuk mengobati rasa kecewa Hokky Caraka dan kolega Jokowi ingin langsung bertemu.

"Yang pasti tentu disampaikan bahwa Presiden tadi bicara kepada saya akan mengundang Timnas U-20 dalam 1-2 hari ini," kata Erick Thohir dalam konferensi pers usai bertemu dengan Jokowi di Jakarta, Jumat (31/3/2023).

Baca Juga:
Dirumorkan Hengkang usai Piala Dunia U-20 Batal, Shin Tae-yong Justru Bilang Begini

"Saya tentu ada mekanisme dari Istana yang akan melakukan itu. Presiden sudah menyampaikan solusinya dan tentu saya bilang saya ikut saja," sambungnya.

Erick Thohir menekankan pemerintah tidak lepas begitu saja terhadap Timnas Indonesia U-20. Tapi, eks presiden Inter Milan itu menyebut ini bukan bagian dari intervensi.

"Pemerintah harus hadir. Ini kemarin ketika pemilihan ketua PSSI kan sempat ada isu seakan-akan pemerintah selalu di dalam wacana mengintervensi. Kan statuta FIFA itu jelas, siapa pun boleh menjadi Exco selama mengikuti statuta," ucapnya.

Baca Juga:
Sampaikan Surat Resmi FIFA, Erick Thohir Dapat Dua Instruksi dari Presiden Jokowi

"Jangan juga kita terbelenggu ketika ada tokoh atau representasi dari pemerintah lalu itu melanggar statuta FIFA. Yang selalu diwacanakan intervensi," pungkasnya.

Load More