Husna Rahmayunita
Erick Thohir resmi terpilih jadi Ketua Umum PSSI periode 2023-2027. (Dok PSSI)

Bolatimes.com - Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan dirinya sudah berjuang maksimal untuk mempertahankan posisi Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 ketika bertemu dengan Presiden FIFA Gianni Infantino di Doha, Qatar, Rabu (29/3/2023).

Erick Thohir mengaku sduah menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo hingga pecinta sepak bola Tanah Air kepada Ginni Infantino. Namun FIFA memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Indonesia sehingga batal menyelenggarakan Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar Mei mendatang.

Pria yang juga Menteri BUMN itu menyebut, keputusan tersebut sudah final dan mesti diterima Indonesia sebagai anggota FIFA.

Baca Juga:
Persib Tanpa Sosok Kunci Jelang Lawan Persija, Pangeran Biru Bisa Menang?

"Saya sudah berjuang maksimal. Setelah menyampaikan surat dari Presiden Jokowi, dan berbicara panjang dengan Presiden FIFA, Gianni Infantino, kita harus menerima keputusan FIFA yang membatalkan penyelenggaraan event yang kita sama-sama nantikan itu," ungkapnya dikutip dari laman resmi PSSI.

"Indonesia adalah salah satu anggota FIFA, sehingga untuk urusan sepakbola internasional, kita harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Meskipun saya tadi sudah menyampaikan segala hal kepada Gianni, apa yang dititipkan Presiden, pecinta sepakbola, anak-anak timnas U-20, dan juga suporter setia sepakbola, tapi karena kita anggotanya dan FIFA menilai situasi saat ini tidak bisa dilanjutkan penyelenggaraannya, maka kita harus tunduk," tambahnya.

Sebelumnya, FIFA membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Bali pada 31 Maret 2023 setelah muncul penolakan terhadap Timnas Israel, sebagai salah satu peserta. Hal itu diumumkan PSSI, Minggu (26/3).

Baca Juga:
Tak Dilirik Shin Tae-yong Lagi, Ramai Rumakiek Dapat Kesempatan di TC Timnas Indonesia U-22

Selang tiga hari, FIFA resmi memutuskan untuk mencabut status tuan rumah Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Timnas Indonesia U-20 batal tampil dalam kejuaraan tersebut.

FIFA tengah memikirkan potensi sanksi kepada Indonesia, meski tetap berkomitmen membantu PSSI dalam proses transformasi sepak bola.

Baca Juga:
Daftar Lengkap Juara Piala Dunia U-20 dari 1977-2019, Tak Ada Tim dari Asia

Load More