Husna Rahmayunita
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. (Antara/Bambang Dwi Marwoto)

Bolatimes.com - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka memastikan Stadion Manahan siap untuk menggelar Piala Dunia U-20 2023 di tengah polemik yang terjadi.

Gibran menyebut pihaknya kekinian tinggal menunggu keputusan dari FIFA menyusul pembatalan drawing Piala Dunia U-20 baru-baru ini.

"Kondisi renovasi Stadion Manahan Solo sudah selesai dan matang tinggal menunggu keputusan FIFA," ujarnya  seusai menghadiri rapat Paripurna DPRD Surakarta, di Solo, Rabu (29/3/2023)

Baca Juga:
Berikan Selamat ke Indonesia, Jeonnam Dragons Tak Sabar Mainkan Asnawi Mangkualam di K League 2

Menurut Gibran, renovasi Stadion Manahan sudah selesai tinggal "stitching" atau kegiatan penyulaman rumput di lapangan, dan aatnya minggu depan baru tiba di Solo.

Selain itu, Gibran juga masih menunggu Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang sedang terbang ke Doha Qatar, untuk bertemu dengan FIFA.

Semua kegiatan sebenarnya sudah disiapkan, antara lain event promosi berupa partisipasi masyarakat untuk menyemarakkan, di luar baliho dan media cetak.

Baca Juga:
Lawan Bournemouth, Nabil Asyura dan Lotra Widianto Dapat Instruksi Khusus dari Pelatih Garuda Select

"Saya menunggu saja kode dari Ketum PSSI, begitu beliau memberikan kode jalan saya akan ikuti. Tempat pertandingan sudah selesai harus dimanfaatkan," katanya.

Dia menyampaikan perhelatan Piala Dunia U-20 harus jalan karena tempat pertandingan sudah siap. Jika Solo dibatalkan sebagai tuan rumah, maka lapangan pertandingan akan digunakan Persis Solo untuk dua laga home terakhir Liga Indonesia.

"Manajemen Persis sudah diberitahu dua laga terakhir sebagai tuan rumah silahkan menggunakan Stadion Manahan," katanya.

Baca Juga:
Kedipan Mata Erick Thohir ke Waketum PSSI Bikin Publik Bertanya-tanya, Jadi Gelar Piala Dunia?

Dia menjelaskan, menyiapkan Stadion Manahan merupakan komitmen Pemerintah Kota Surakarta yang ditunjuk menjadi tuan rumah. Ada enam kepala daerah yang menandatangani kesanggupan menjadi tuan rumah.

"Saya menghormati perjanjian yang sudah ada dan ditandatangani kedua belah pihak. Ini tempat pertandingan sudah jadi, anggarannya sudah keluar dan semua pihak sudah lelah tenaganya habis untuk menyiapkan sebagai tuan rumah," katanya.

Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, masih menunggu keputusan resmi dari FIFA dan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) terkait kepastian kota tersebut menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20.

Baca Juga:
Bagus Kahfi Absen, Momen Garuda Select Bungkam Bournemouth Dua Gol Tanpa Balas

"Tunggu saja berita resminya seperti apa dari FIFA dan PSSI. Yang diketahui hanya pembatalan 'drawing'," kata Gibran dikutip dari Antara.

Load More