Irwan Febri Rialdi
Pesepak bola Timnas Indonesia Elkan Baggott (kanan) dan Asnawi (kiri) berebut bola di udara dengan pesepak bola Timnas Burundi Berahino Saido (tengah) dalam FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023). Timnas Indonesia menahan imbang Timnas Burundi dengan skor 2-2. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc.

Bolatimes.com - Sejumlah pemain Burundi bisa menjadi opsi untuk direkrut oleh klub-klub Indonesia. Terlebih dalam sejarahnya, banyak pemain asal Afrika yang bisa sukses di Indonesia.

Burundi sendiri menjadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday periode Maret 203. Dua kali skuad Garuda menghadapi Burundi, yaitu pada Sabtu (25/3) dan Selasa (28/3).

Hasil positif didapatkan skuad arahan Shin Tae-yong karena tak pernah kalah dalam dua laga. Di pertemuan pertama, Timnas Indonesia berhasil menang dengan skor telak 3-1.

Baca Juga:
Lionel Messi Ukir 102 Gol untuk Argentina, 2 Gol Dicetak Lewat Sundulan

Kemudian pada pertemuan kedua kemarin, Timnas Indonesia mampu menahan skor imbang 2-2. Ini jelas menjadi hasil positif yang berpotensi mempengaruhi ranking FIFA Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain Burundi yang bisa diboyong klub Indonesia?

1. Saido Berahino

Baca Juga:
Tak Terkalahkan Lawan Burundi, Peringkat FIFA Timnas Indonesia Naik jadi 149

Saido Berahino bisa dibilang sebagai pemain Burundi dengan CV paling mentereng saat ini. Penyerang berusia 29 tahun itu juga menyandang ban kapten Timnas Burundi.

Ia tercatat pernah membela beberapa klub asal Inggris seperti West Bromwich Albion, Stoke City, hingga Sheffield Wednesday. Berahino juga pernah membela timnas kelompok umur Inggris.

Saido Berahino juga tercatat pernah membela Inggris U-16, U-17, U-19, hingga Inggris U-21. Ia lalu memutuskan membela Burundi di level timnas senior.

Baca Juga:
Eks Lawan Timnas Indonesia Dibikin Malu Lionel Messi Cs, Kena Bantai 7-0

Berahino sendiri berhasil mencetak satu gol di pertemuan kedua melawan Timnas Indonesia. Saat ini nilai pasarnya adalah 1 juta euro atau setara Rp 17 miliar.

2. Bonfils-Caleb Bimenyimana

Salah satu penyerang Burundi ini juga sekarang sedang mentas di luar negeri bersama klub asal Afrika Selatan, Kaizer Chiefs. Dia sudah bergabung dengan klub itu sejak 22 Agustus 2022.

Baca Juga:
Jelang Piala Dunia U-20, Kolombia Menang Besar 18-0 atas Klub Spanyol

Bimenyimana memang punya pengalaman yang melimpah di luar negeri. Sebab, ia pernah bermain bersama Rayu Sports (Rwanda), Rigas FC (Latvia), Atlantas (Lithuania), hingga FK Pohronue (Slovakia).

Saat ini ia punya nilai pasar 750 ribu euro atau sekitar Rp 13,4 miliar. Penampilannya pun sedang oke bersama klub dengan mencatatkan 7 gol dari 15 penampilan.

3. Jospin Nshimirimana

Pemain dari klub kasta kedua Turki, Yeni Malatyaspor, ini punya kemampuan mumpuni sebagai seorang gelandang bertahan. Ia pun jadi pilihan utama di Burundi dan klubnya.

Musim ini, Nshimirimana sudah mencatatkan 17 penampilan dengan catatan satu gol dan dua assist. Sementara nilai pasarnya kini adalah Rp 6,95 miliar.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More