Husna Rahmayunita
Presiden Jokowi perintahkan PSSI hentikan Liga 1 sementara. (YouTube/Sekretariat Presiden)

Bolatimes.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta agar tak mencampuradukan urusan olahraga dengan politik menyusul penolakan Timnas Israel di Piaka Dunia U-20 yang digelar di Indonesia.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar di Bali pada 31 Maret dibatalkan FIFA setelah muncul penolakan kehadiran Timnas Israel sebagai peserta.

"Jadi jangan mencampuradukan urusan olahraga dan politik," kata Jokowi melalui tayangan video yang diunggah YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023) seperti dikutip via Suara.com.

Baca Juga:
Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday, Kick Off 20.30 WIB

Jokowi menegaskan kalau pemerintah Indonesia tetap memegang komitmennya yakni mendukung Palestina merdeka.

Pemerintah, kata Jokowi, selalu menyuarakan penolakan penjajahan dalam bentuk apapun pada forum-forum bilateral, multilateral maupun forum internasional lainnya.

Namun di sisi lain, bukan hal mudah Indonesia akhirnya bisa menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Jokowi menyebut kalau Indonesia harus melewati proses seleksi panjang sampai akhirnya bisa menjadi tuan rumah.

Baca Juga:
Ambisi Brylian Aldama Jelang Duel PSIS Semarang versus Persebaya Surabaya

FIFA akhirnya memilih Indonesia sebagai tuan untuk Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Adapun Bali dipilih untuk lokasi undian grup. Namun, jelang kejuaraan FIFA memutuskan untuk membatalkan agenda di Pulau Dewata tersebut.

"Saat itu semua pihak berjuang bekerja keras bersama agar Indonesia bisa jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan akhirnya bulan Oktober 2019 Indonesia ditunjuk menajdi tuan rumah Piala Dunia U-20 oleh FIFA," terangnya.

Baca Juga:
Indonesia akan Naik ke Peringkat 148 Dunia andai Kalahkan Burundi Malam Ini, Begini Hitungannya

Lebih lanjut, Jokowi menjamin keikutsertaan timnas Israel tidak ada korelasinya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia.

"Saya menjamin keikutesertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konstistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina karena dukungan kita kepada Palestina selalu kokoh dan kuat," pungkasnya.

(Suara.com/Ria Rizki N.)

Baca Juga:
Plt Menpora Jawab Rumor Peru Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Load More