Rauhanda Riyantama
Bek kiri Timnas Indonesia, Pratama Arhan, dalam laga melawan Burundi pada 25 Maret 2023. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Timnas Indonesia akan naik ke peringkat 148 dunia jika bisa mengalahkan Burundi di laga kedua nanti. Bagaimana perhitungannya?

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia akan menutup agenda FIFA Matchday-nya dengan melakoni laga keduanya melawan Burundi, Selasa (28/3).

Laga tersebut akan dihelat di tempat yang sama seperti pertemuan pertama, yakni Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga:
Plt Menpora Jawab Rumor Peru Gantikan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023

Di laga ini, tim besutan Shin Tae-yong punya modal berharga untuk melawan Burundi, yakni berbekal kemenangan di pertemuan pertama.

Di pertemuan pertama, Sabtu (25/3), skuad Garuda mampu membekuk tim berjuluk Les Hirondelles itu dengan skor 3-1.

Dengan catatan apik di laga pertama itu, Timnas Indonesia pun akan mencoba meraih kemenangan di laga keduanya melawan Burundi.

Baca Juga:
Timnas Indonesia vs Burundi di Tengah Polemik Piala Dunia U-20, Netizen: Mungkin Laga Terakhir

Namun usaha tim Merah Putih bisa berjalan tak mudah. Sebab, Burundi diyakini tak ingin pulang ke tanahnya tanpa membawa hasil apapun.

Apalagi di laga kedua nanti, Burundi akan menurunkan para pemain terbaiknya, yang bisa jauh berbeda dengan komposisi di laga pertama.

Meski demikian, Timnas Indonesia diyakini akan tetap tampil All-Out guna meraih kemenangan untuk kedua kalinya atas Burundi.

Baca Juga:
Persita Tangerang vs Persija Jakarta, Pendekar Cisadane Incar Tiga Poin di Kandang

Sebab, kemenangan kedua kalinya atas Burundi bisa membuat ranking Timnas Indonesia melonjak ke peringkat 148 dunia. Bagaimana hitung-hitungannya?

Naik dengan Syarat

Seperti yang diketahui, kemenangan atas Burundi pada Sabtu (25/3) lalu membuat ranking Timnas Indonesia naik dari peringkat 151 ke peringkat 150.

Baca Juga:
Lagu Resmi Piala Dunia U-20 2023 Indonesia Ikut Hilang di Situs FIFA, Reza Arap Beri Reaksi Menohok

Timnas Indonesia naik ke peringkat ke-150 usai mengantongi 1045,91 poin berbekal kemenangan atas Burundi di pertemuan pertama.

Posisi Timnas Indonesia itu hanya berjarak kurang dari satu poin dengan posisi 149 dunia, yakni Lesotho, yang memiliki 1046,61 poin.

Dengan perbedaan kurang dari satu poin itu, Timnas Indonesia bisa saja cukup meraih hasil imbang untuk menggusur Lesotho di posisi ke-149.

Tapi, Timnas Indonesia berambisi bisa naik drastis, dan berpotensi naik ke posisi ke-148 dengan syarat atau skenario khusus.

Syarat khusus tersebut adalah Timnas Indonesia wajib menang atas Burundi dan berharap Liberia takluk dalam laganya melawan Afrika Selatan.

Jika menang atas Burundi, maka Timnas Indonesia akan mendapat tambahan 5,33 poin yang membuat poinnya menjadi 1051,24 poin.

Total poin itu sejatinya masih kalah dari Liberia dengan 1056,17 poin. Tapi, jika Liberia kalah dari Afrika Selatan, maka poinnya itu akan berkurang sebanyak 6,23 poin.

Sehingga, total poin Liberia menjadi 1049,49 poin dan membuat Timnas Indonesia yang menang atas Burundi bisa merangkak naik ke peringkat 148 dunia.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More