Rauhanda Riyantama
Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka usai menghadiri Welcome Dinner di Pure Pangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah pada Ahad (15/1/2023). [Foto: LTN PBNU/Suwitno]

Bolatimes.com - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka kecewa berat dengan pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 gara-gara muncul gelombang penolakan terhadap Timnas Israel. Akibat kejadian ini, status tuan rumah Indonesia terancam dicabut FIFA.

Dilansir dari kanal YouTube Berita Surakarta, Gibran menegaskan bahwa kepala daerah perlu berkomitmen dari perjanjian yang ditanda tangani. Ia mengaku heran beberapa pihak memprotes baru-baru sekarang. 

"Cuma satu aja kalau dipermasalahkan harusnya protesnya dulu-dulu kenapa baru sekarang?" kritik Gibran.

Baca Juga:
Tanpa 6 Pemain, Persija Jakarta Tetap Percaya Diri Hadapi Persita Tangerang

Dirinya kemudian meminta pada masa depan Indonesia tidak lagi mencalonkan diri sebagai tuan rumah. Pasalnya Indonesia seperti tidak siap dengan adanya konsekuensi yang ada. 

"Kalau saya komitmen dengan segala konsekuensinya. Saya sudah tanda tangan komitmen. Kalau mau protes harusnya dari dulu. Bukan sekarang protesnya sudah keluar anggaran kok baru protes," tegasnya.

Lebih lanjut, Gibran mengaku siap apabila Solo ditunjuk sebagai tempat drawing Piala Dunia U-20 menggantikan Bali. Hal itu disampaikan Gibran saat menjawa pertanyaan wartawan di Bali Kota Solo, Senin (27/3/2023).

Baca Juga:
Gibran Pastikan Solo Siap Gantikan Bali Jadi Tuan Rumah Drawing Piala Dunia U-20 2023

“Kalau seandainya pindah ke Solo siap?” tanya wartawan.

Bukannya menolak, ternyata Gibran dengan tegas menjawab bahwa Solo siap jadi tuan rumah drawing Piala Dunia U-20 2023.

“Jika ada perintah dari PSSI, dari Menpora, saya siap,” tandas Gibran.

Baca Juga:
Gelandang Timnas Indonesia U-20: Memperjuangkan Kemerdekaan Palestina Tidak Harus Mengorbankan Mimpi Anak Bangsa

Dia juga sempat disinggung soal pernyataan dari Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga sikap PDIP yang menolak Timnas Israel U-20 berlaga di Indonesia. Gibran pun memberi komentarnya yang cukup moderat.

“Saya sebagai tuan rumah sudah menyiapkan venue untuk memastikan para peserta, atlet yang akan bertanding di Kota Solo bisa beraktivitas dengan nyaman semua,” pungkas Gibran Rakabuming Raka.

Baca Juga:
Persija Jakarta Main Tanpa 6 Pemain yang ke Timnas Indonesia, Thomas Doll: Saya Sudah Tak Kaget Lagi

Load More