Irwan Febri Rialdi
Aksi Marc Klok saat membela Timnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday 2023. (Instagram/@pssi)

Bolatimes.com - Meski merupakan negara kecil dari Benua Afrika, Timnas Burundi nyatanya diperkuat oleh beberapa pemain yang mentas di luar negeri khususnya di Eropa.

Kualitas permainan Burundi pun cukup baik meskipun dikalahkan Timnas Indonesia dengan skor 1-3 pada laga pertama FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Sabtu (25/3/2023).

Kendati begitu, Burundi masih bisa menjadi ancaman dan Timnas Indonesia tak boleh lengah saat kembali bertemu di laga kedua pada Selasa (28/3/2023).

Baca Juga:
Sudah Persiapan Lama, Gibran Rakabuming Raka Berharap Piala Dunia U-20 2023 Tetap Digelar di Indonesia

Lantas, siapa saja pemain Burundi yang merumput di luar negeri?

1. Pacifique Niyongabire

Pemain yang mencetak satu-satunya gol Burundi ke gawang Timnas Indonesia ini juga tercatat tengah mentas di luar negeri bersama klub Kanada, Valour FC.

Baca Juga:
Pujian Selangit Elkan Baggott untuk Jordi Amat yang Tampil Solid di Laga Timnas Indonesia vs Burundi

Ia baru saja pindah ke Kanada setelah di musim 2021/22, bermain untuk klub asal Australia, Perth Glory.  Nyiongabire sendiri memang punya darah keturunan Australia.

2. Saido Berahino

Saido Berahino bisa dibilang sebagai pemain Burundi dengan CV paling mentereng saat ini. Penyerang berusia 29 tahun itu juga menyandang ban kapten Timnas Burundi.

Baca Juga:
Media Malaysia Sebut Piala Dunia U-20 2023 Terancam Pindah Lokasi, Bukan di Indonesia

Ia tercatat pernah membela beberapa klub asal Inggris seperti West Bromwich Albion, Stoke City, hingga Sheffield Wednesday. Berahino juga pernah membela timnas kelompok umur Inggris. Saido Berahino tercatat pernah membela Inggris U-16, U-17, U-19, hingga Inggris U-21. Ia lalu memutuskan membela Burundi di level timnas senior. 

Catatan terbaiknya selama bermain adalah mencetak 14 gol buat West Bromwich Albion di Liga Inggris musim 2014/15. Di musim itu, total ia mencetak 20 gol di semua kompetisi. Saat ini Berahino melanjutkan kariernya bersama klub kasta tertinggi Liga Siprus, AEL Limassol.

3. Bonfils-Caleb Bimenyimana

Baca Juga:
Eks Pengurus PSSI Ungkap FIFA Sudah Keluarkan Surat Pembatalan untuk Piala Dunia U-20 di Indonesia

Salah satu penyerang Burundi ini juga sekarang sedang mentas di luar negeri bersama klub asal Afrika Selatan, Kaizer Chiefs. Dia sudah bergabung dengan klub itu sejak 22 Agustus 2022.

Bimenyimana memang punya pengalaman yang melimpah di luar negeri. Sebab, ia pernah bermain bersama Rayu Sports (Rwanda), Rigas FC (Latvia), Atlantas (Lithuania), hingga FK Pohronue (Slovakia).

4. Bienvenue Kanakimana

Winger kanan Burundi yang bermain di pertemuan pertama melawan Timnas Indonesia ini juga tercatat tengah bermain di luar negeri, tepatnya bersama MFK Vyskov di divisi kedua Rep. Ceko.

5. Christophe Nduwarugira

Gelandang bertahan milik Burundi yang mentas di pertemuan pertama melawan Timnas Indonesia ini juga sekarang tengah membela klub divisi kedua Liga Portugal, Academico de Viseu.

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More