Irwan Febri Rialdi
Momen Jordi Amat berduel dengan striker Burundi Saido Berahino saat bermain di Liga Inggris. (AFP)

Bolatimes.com - Pemain bintang Timnas Burundi, Saido Berahino, sempat mengutarakan ketertarikannya untuk melanjutkan karier di Liga Indonesia suatu saat nanti.

Apabila ada klub Liga Indonesia yang bersedia merekrutnya, Saido Berahino pun tak menampik kesempatan untuk menerimanya. Hal ini diungkapkan Berahino setelah melihat atmosfer sepak bola Indonesia.

Saido Berahino merasakan langsung sambutan pencinta sepak bola Indonesia ketika dia bersama rombongan Timnas Burundi menghadapi Timnas Indonesia pada laga FIFA Matchday.

Baca Juga:
Argentina di Piala Dunia U-20 2023: Tersingkir di Kualifikasi, Kini Berpeluang Tampil Gantikan Timnas Indonesia

“Kenapa tidak? itulah sepak bola tidak ada yang tahu. Jika ada kesempatan, mungkin suatu hari saya akan datang (bermain) ke sini,” kata Berahino usai laga kontra Timnas Indonesia Sabtu (26/3/2023).

Selain itu, Berahino juga merasa senang lantaran mendapatkan sambutan hangat dari para pencinta sepak bola di Indonesia. Dia pun berharap bisa tampil pada laga kedua melawan Timnas Indonesia.

“Saya senang berada di sini, ini negara yang baik. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas sambutan hangat yang diberikan saya. Saya harap, saya bisa bermain di hari Selasa (laga kedua),” ucap Berahino.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA jika Menang Lagi Lawan Burundi, Satu Negara Afrika Sudah Lewat

Profil Saido Berahino

Saido Berahino merupakan pesepak bola kelahiran Bujumbura, Burundi, pada 4 Agustus 1993. Saat ini, striker berusia 29 tahun itu berkarier bersama klub Divisi Pertama Liga Cyprus, AEL Limassol.

Sejak masih kecil, Saido Berahino memang sudah harus meninggalkan negara kelahirannya. Dia mendapatkan suaka politik di Birmingham dan menggunakan sepak bola untuk mengintegrasikan dirinya dengan lingkungan sosial di Inggris.

Baca Juga:
Sepak Bola Indonesia Sibuk Polemik, Negara Tetangga Sukses Juarai Piala Merlion 2023

Berahino kemudian bergabung dengan akademi West Bromwich Albion sejak berusia 11 tahun. Tujuh tahun kemudian, dia mendapatkan kesempatan untuk menjadi pemain profesional.

Berahino sempat menjalani masa pinjaman bersama Northampton Town (2011-2012), Brentford (2012), hingga Peterborough United (2012-2013).

Setelah itu, dia baru bergabung dengan West Brown pada musim 2013-2014. Beberapa momen yang saat itu terkenang ialah mencetak hattrick ke gawang Newport County dan menjebol gawang Manchester United di Old Trafford.

Baca Juga:
Heboh Indonesia Terancam Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Media Vietnam: Sepak Bola Indonesia Terseok-seok

Setelah itu, ia sempat bermain bersama Stoke City (2017-2019), Zulte Waregem (2019-2021), Charleroi (2020-2021), dan Sheffield Wednesday (2021-2022).

Sejak masih berusia muda, Saido Berahino memang sudah menjadi bagian dari Timnas Inggris di level junior. Tercatat, ia pernah memperkuat level U-16, U-17, U-18, U-19, U-20, hingga U-21.

Namun, pada level senior, Saido Berahino memutuskan untuk menjadi warga negara Burundi agar bisa memperkuat negara kelahirannya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More