Husna Rahmayunita
Logo Piala Dunia U-20 2023 Indonesia. [PSSI]

Bolatimes.com - Drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali resmi dibatalkan FIFA, imbas dari penolakan kehadiran Timnas Israel sebagai salah satu kontestan kejuaraan tersebut.

FIFA memutuskan untuk membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang sedianya digelar di Pulau Dewata pada 31 Maret 2023 mendatang.

Sebelumnya, Gubernur Bali I Wayan Koster secara gamblang menolak kedatangan Timnas Israel U-20 di Indonesia karena dukungan diplomatik Indonesia terhadap Palestina.

Baca Juga:
Argentina di Piala Dunia U-20 2023: Tersingkir di Kualifikasi, Kini Berpeluang Tampil Gantikan Timnas Indonesia

"Memang kami belum mendapat surat resmi dari FIFA, tetapi pesannya jelas karena adanya penolakan dari Gubernur Bali yang menolak Tim Israel sehingga dengan sendirinya drawing tidak bisa dilaksanakan tanpa seluruh peserta," ujar Anggota Exco PSSI Arya Sinulingga, dalam konferensi pers, Minggu (26/3/2023).

Polemik pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali berpotensi membuat Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah disanksi oleh FIFA.

Media Israel, Times of Israel menyebut terancam 'dibanned' oleh FIFA sehingga dilarang tampil di ajang internasional tingkat Asia hingga dunia.

Baca Juga:
Hitung-hitungan Posisi Timnas Indonesia di Ranking FIFA jika Menang Lagi Lawan Burundi, Satu Negara Afrika Sudah Lewat

"Jika Indonesia gagal menyelesaikan masalah terkit Israel, PSSI berisiko diskors oleh FIFA. Sanksi itu dapat menghapus Indonesia dari kualifikasi Asia untuk Piala Dunia 2026 yang dimulai pada Oktober," bunyi keterangan tersebut.

Andai sanksi tersebut dikeluarkan oleh FIFA, tentunya hal tersebut akan berdampak pada masa depan sepak bola Tanah Air.

Baca Juga:
Jika Argentina Tuan Rumah, Timnas Indonesia U-20 Batal Main di Piala Dunia U-20 2023

Load More