Irwan Febri Rialdi
Malaysia juarai Piala Merlion 2023. (Dok. FAM)

Bolatimes.com - Di tengah sepak bola Indonesia yang tengah sibuk dengan polemik, negara tetangga Malaysia terus tumbuh dengan sukses menjuarai turnamen yang bernama Piala Merlion 2023.

Piala Merlion merupakan turnamen sepak bola U-23 yang diadakan oleh Federasi Sepak Bola Singapura (FAS). Pada edisi 2023, ada empat peserta, yakni Singapura, Malaysia, Kamboja, dan Hong Kong.

Kepastian juara Malaysia didapat setelah mereka sukses mengalahkan Hong Kong dengan skor 2-1 pada partai final yang dilangsungkan di Stadion Jalan Besar, Singapura, Senin (27/3/2023).

Baca Juga:
Heboh Indonesia Terancam Batal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Media Vietnam: Sepak Bola Indonesia Terseok-seok

Gol kemenangan Malaysia dilesakkan oleh Najmudin Akmal pada menit ke-74 dan Safwan Mazlan empat menit kemudian. Satu gol balasan Hong Kong dicetak oleh Lau Ka Kiu (80').

Meski bukan turnamen resmi buatan Federasi Sepak Asia Tenggara (AFF) atau FIFA, keberhasilan Malaysia tentu menjadi hasil positif bagi mereka sebelum menghadapi ajang SEA Games 2023 yang akan bergulir pada 5-17 Mei mendatang.

Sementara itu, di tengah keberhasilan Malaysia, Indonesia justru sibuk berpolemik soal kehadiran Israel untuk 'bermain sepak bola' di ajang Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Susah Payah Lolos ke Piala Asia, Menunggu 17 Tahun, Kini Terancam Batal Main

Ada beberapa pihak yang menolak segerombolan pemuda Israel yang hadir untuk tampil di event sepak bola. Alhasil, FIFA kini resmi menbatalkan drawing pada 31 Maret 2023.

Kondisi ini membuat PSSI fokus untuk 'merayu' FIFA agar tidak turut membatalkan perhelatan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air. Tentu berharap tak ada sanksi yang merugikan sepak bola Indonesia.

Bagaimana sepak bola Indonesia, mau sampai kapan perang kepentingan?

Baca Juga:
Pernah Dibantai Prancis U-20 saat Bela Timnas Indonesia, Justin Hubner Tuntaskan Misi Balas Dendam Bareng Belanda U-20

Load More