Irwan Febri Rialdi
Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Marc Klok ke gawang Thailand di matchday ketiga Grup A Piala AFF 2022 yang digelar di SUGBK, Kamis (29/12/2022). [Foto: PSSI]

Bolatimes.com - Timnas Indonesia senior akan turut kena getah apabila PSSI disanksi FIFA karena Piala Dunia U-20 2023. Piala Asia yang ditunggu selama 17 tahun pun terancam melayang begitu saja.

Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia yang sudah ditunggu-tunggu akan bergulir kurang dari dua bulan lagi. Undian fase grup juga direncanakan dihelat pada 31 Maret mendatang di Bali.

Awalnya, semua tampak lancar lancar-lancar saja. Namun, FIFA tiba-tiba membatalkan undian setelah Gubernur Bali, I Wayan Koster, menolak kehadiran Israel di Tanah Air.

Baca Juga:
Pernah Dibantai Prancis U-20 saat Bela Timnas Indonesia, Justin Hubner Tuntaskan Misi Balas Dendam Bareng Belanda U-20

Akibat penolakan itu, selain undian dibatalkan, Piala Dunia U-20 2023 juga berpotensi dibatalkan. Tak hanya itu, Indonesia juga terancam sanksi 'banned' dari FIFA.

Dilansir dari laman resmi PSSI, Timnas Indonesia dari segala kelompok umur bisa dilarang tampil dalam ajang internasional, baik itu uji coba hingga turnamen resmi AFC atau FIFA.

Ini artinya, Timnas Indonesia senior juga bisa gagal tampil di Piala Asia 2023 (digelar Januari 2024) yang kelolosannya didapat setelah menunggu selama 17 tahun lamanya.

Baca Juga:
Drawing Piala Dunia U-20 2023 Resmi Batal, Netizen Sambangi Instagram Gubernur Bali: Gimana Ini Pak?

Terakhir kali Indonesia tampil di Piala Asia adalah pada 2007 silam, itu pun karena status tuan rumah bersama Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Perlu ditekankan sekali lagi, karena 'tuan rumah'.

Apabila PSSI benar-benar 'dibanned', maka perjuangan tim asuhan Shin Tae-yong akan terasa percuma. Pelatih asal Korea Selatan itu juga bisa berpikir ulang untuk memperpanjang kontraknya yang akan habis pada akhir tahun ini.

Terlepas dari itu, belum ada pernyataan apapun dari FIFA soal kemungkinan sanksi. Semoga PSSI mampu berkomunikasi dengan FIFA untuk tetap melanjutkan Piala Dunia U-20 2023 dan tak ada sanksi apapun untuk sepak bola Tanah Air.

Baca Juga:
Kiprah Rival Timnas Indonesia Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Piala Dunia U-20 1997, jadi Korban Pembantaian di Fase Grup

Load More