Husna Rahmayunita
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Dok PSSI)

Bolatimes.com - FIFA resmi membatalkan drawing Piala Dunia U-20 2023 yang sedianya digelar di Bali pada 31 Maret mendatang. Ketua Umum PSSI Erick Thohir akan menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Erick Thohir juga akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri dan kepada Kemenpora sebagai Inafoc atau penanggung jawab pelaksana Indonesia. Hal itu disampaikan oleh Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga saat jumpa pers di kantor PSSI, Jakarta, Minggu (26/3/2023).

"Ketua umum PSSI juga akan melaporkan kepada Bapak Presiden pada kesempatan pertama untuk mencari solusi untuk semua ini baik secara diplomasi dan politik luar negeri untuk bagaimana menyelamatkan sepakbola Indonesia yang kita cintai," terangnya.

Baca Juga:
Apriyani Rahayu Cedera hingga Mundur dari Swiss Open 2023, Sang Partner Beri Pesan Bijak

Sebelumnya, Arya menerangkan PSSI mendapat informasi pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 dari FIFA pada Sabtu (25/3/2023) pagi.

"Mereka telah memutuskan membatalkan drawing Piala Dunia U-20 yang akan diselenggarakan di Bali yang rencananya dilakukan pada 31 Maret 2023," terang Arya

Arya menduga salah satu alasan pembatalan drawing ini salah satunya disebabkan karena penolakan Gubernur Provinsi Bali Wayan Koster untuk menyelenggarakan Drawing Piala Dunia U-20 di Bali.

Baca Juga:
Foto Bareng Elkan Baggott, Syahrul Trisna: Aku Kira Kurang Apa, Ternyata Kurang Ganteng

Hal ini, kata dia, sangat kontradiktif mengingat Koster juga sudah menandatangani Government Guarante untuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pelaksanaan Piala Dunia U-20, termasuk di dalamnya Drawing Piala Dunia U-20

"Pihak FIFA belum memberikan informasi mengenai waktu dan lokasi penyelenggaraan drawing Piala Dunia-20," ucap Arya.

Lebih lanjut, Arya menyebut kelanjutan penyelenggaraan Piala Dunia U-20, termasuk inspeksi teknis lapangan-lapangan di Indonesia tetap dilakukan oleh FIFA.

Baca Juga:
Video Marc Klok Sentil Rumput Stadion Patriot Lenyap dari Instagram PSSI, Ada Apa?

"Kami tidak menutup kemungkinan adanya konsekuensi-konsekuensi yang harus diterima oleh Indonesia dan PSSI akibat adanya permasalahan yang terjadi sehubungan dengan proses penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia," pungkasnya.

Adapun Piala Dunia U-20 2023 rencananya digelar di Indonesia pada Mei mendatang. Kejuaraan tersebut berlangsung di enam stadion.

Baca Juga:
Kisah Timnas Malaysia saat Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 1997, Langsung Gugur di Fase Awal

Load More