Irwan Febri Rialdi
Malaysia saat tampil di Piala Dunia U-20 1997. (Twitter/@its_matIm)

Bolatimes.com - Timnas Malaysia pernah menjadi tuan rumah penyelenggara Piala Dunia U-20 1997. Sayangnya, perjuangan mereka sebagai tuan rumah tak bisa dibanggakan karena langkahnya terhenti sejak awal.

Saat itu, Timnas Malaysia U-20 mendapat tiket otomatis lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 1997 karena statusnya sebagai tuan rumah. Sementara itu, empat negara Asia yang lolos ialah China, Jepang, Korea Selatan, dan Uni Emirat Arab.

Pada fase drawing, Timnas Malaysia U-20 yang tergabung di Grup A pun harus bersaing dengan sejumlah negara elite seperti Uruguay, Belgia, dan Maroko.

Baca Juga:
Gacor, Striker Jangkung Garuda Select Kembali Cetak Gol

Saat menghadapi para pesaingnya itu, skuad muda Harimau Malaya justru menjadi bulan-bulanan. Mereka selalu menelan kekalahan dari tiga pertandingan yang tersaji di Grup A Piala Dunia U-20 1997.

Tercatat, Timnas Malaysia U-20 tumbang dari Maroko (1-3), Uruguay (1-3), dan Belgia (0-3). Dengan tiga kekalahan ini, Malaysia harus menjadi penghuni juru kunci klasemen akhir Grup A.

Salah satu yang menarik dari gelaran Piala Dunia U-20 1997 yang berlangsung di Malaysia ialah munculnya sederet pemain muda yang kelak menjadi bintang di dunia.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Menang 3-1 atas Burundi, Begini Reaksi Riko Simanjuntak

Nama-nama ini tentu sudah tak asing bagi pecinta sepak bola. Mereka adalah David Trezeguet, Lionel Scaloni, Esteban Cambiasso, Michael Owen, Jamie Carragher, hingga Thierry Henry.

Kegagalan Timnas Malaysia U-20 yang hanya bisa mengakhiri persaingan di fase grup memang tak mengagetkan jika melihat kekuatan lawan yang mereka hadapi. 

Salah satu yang sangat luar biasa ialah Uruguay. Sebab, pada akhirnya Timnas Uruguay U-20 berhasil melaju hingga babak final Piala Dunia U-20 1997.

Baca Juga:
Batal Debut, Sandy Walsh Tulis Tiga Kata usai Timnas Indonesia Pecundangi Burundi

Mereka sukses melibas Amerika Serikat (3-0) di fase 16 besar, menggasak Prancis via adu penalti di babak perempat final, lalu menggulung Ghana dengan skor 3-2 di semifinal.

Sayangnya, Timnas Uruguay U-20 harus puas menjadi runner-up setelah mereka tumbang dengan skor tipis 1-2 dari Argentina pada partai final.

Baca Juga:
Ranking FIFA Timnas Indonesia Berpotensi Meroket Tajam, Ini Syarat yang Harus Dilalui

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More