Rauhanda Riyantama
Mantan pemain Timnas Indonesia, Dipo Alam. (Instagram/dipoalam_)

Bolatimes.com - Mengupas kisah seorang Dipo Alam, mantan pemain Timnas Indonesia yang kini justru banting setir berjualan es krim di Amerika Serikat.

Timnas Indonesia selalu memiliki banyak talenta-talenta muda yang muncul di setiap generasinya. Salah satunya adalah Dipo Alam.

Dipo Alam menjadi salah satu pemain muda yang dulu sempat menjadi perbincangan kala ia berhasil menembus sepak bola Eropa di usia muda.

Baca Juga:
Momen Kompaknya Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Marc Klok di Sesi Latihan Timnas Indonesia

Ia memulai sepak terjangnya di Jakarta dan bakatnya terendus pada kompetisi pemain muda bertajuk Piala Soeratin U-18.

Dari kompetisi itu, Dipo Alam terpilih sebagai salah satu pemain yang masuk Indonesia Football Academy yang berlatih di Inggris.

Langkah Dipo Alam pun tak hanya terhenti di Inggris. Ia sempat berkarier di Belanda sembari menempuh pendidikan bersama Heemstede.

Baca Juga:
Jelang Timnas Indonesia vs Burundi, Yakob Sayuri Beberkan Hal yang Disiapkan Shin Tae-yong

Mantan pemain Timnas Indonesia, Dipo Alam. (Instagram/dipoalam_)

Bahkan, ia kemudian sempat trial di Telstar yang merupakan tim kasta kedua Belanda dan juga menjalani karier di Amerika Serikat bersama Chivas USA, LA Legends, LA Blues, Deportivon Kniight, serta Turbo FC.

Berkarier di Eropa, namanya pun melambung di awak dekade 2010 an yang lantas membuat PSSI memanggilnya pulang pada 2012 atau saat Dipo Alam berusia 21 tahun.

Sayangnya kepulangannya ke Indonesia ada di momen yang tak tepat menyusul konflik di tubuh PSSI yang berujung pada dualisme.

Baca Juga:
Media Malaysia Soroti Pede-nya Jordi Amat Hadapi Timnas Burundi, Alasannya karena Ini

Kepulangan ini mempengaruhi karier Dipo Alam. Ia sempat trial dan sempat dikontrak Arema IPL. Sayangnya, sepak bola Indonesia dibekukan oleh FIFA sebelum dirinya meneken kontrak.

Lantas, bagaimana kabar Dipo Alam saat ini? Ternyata ia memutuskan meninggalkan Indonesia untuk mengejar pendidikannya di bangku kuliah.

Mantan pemain Timnas Indonesia, Dipo Alam. (Instagram/dipoalam_)

Usai lulus kuliah di Pasadena City College, Dipo Alam terjun ke bisnis kuliner, di mana ia sempat menjadi pelayan restoran.

Baca Juga:
Beda Pandangan, Ketua PBNU Gus Yahya Terima Kedatangan Israel di Piala Dunia U-20

Setelah berpindah-pindah, Dipo Alam kemudian mendapat berkah ditunjuk sebagai manajer distrik di New Mexico, yang kemudian mengilhaminya untuk membuat bisnis es krim.

Ia pun kemudian mengambil alih gerai dari restoran tempatnya bekerja dulu, dan kini bisnis es krim. Siapa sangka, bisnis ini sukses besar.

Diketahui, bisnis es krim Dipo Alam begitu digemari oleh masyarakat New Mexico. Hingga saat ini, ia dikabarkan telah memiliki 40 gerai lebih di tujuh negara bagian Amerika Serikat.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More