Rauhanda Riyantama
Justin Hubner saat membela Timnas Indonesia U-20 dalam laga uji coba. (Dok. PSSI)

Bolatimes.com - Gonjang-ganjing naturalisasi Justin Hubner sebagai Warga Negara Indonesia (WNI), dua hal yang bisa membuat pemain keturunan Belanda urungkan niat bela Tanah Air.

Dua alasan yang membuat Justin Hubner mundur teratur dari proses naturalisasi WNI, sikap Federasi Sepak Bola Belanda (KNVB) turut membuat keraguan itu muncul.

Proses naturalisasi Justin sebenarnya sudah mendapat restu DPR dan hanya tinggal melaksanakan pengucapan sumpah kewarganegaraan bersama Ivar Jenner dan Rafael Struick.

Baca Juga:
Nabil Husein Foto Bareng Yuto Nagatomo, Kode Gabung Borneo FC Musim Depan?

Meski begitu, keraguan diungkapkan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Eko Setiawan yang belum bisa memastikan langkah kelanjutan Justin ke depannya.

Eko Setiawan menyebut pihaknya belum mendapat konfirmasi langsung dari orang tua pemain yang bersangkutan, selain itu masih ada faktor lain.

Anggota Exco ini juga menyoroti lambatnya proses naturalisasi, yang memang sempat terhenti karena DPR yang memasuki masa reses saat itu.

Baca Juga:
Serangan Balik Barcelona di Skandal Negreira, Lima Tuntutan Hukum Disiapkan

Lantas apa saja faktor yang membuat Hubner mundur teratur dari proses naturalisasi? berikut di antaranya.

1. Terima Panggilan Timnas Belanda

Di tengah proses naturalisasi yang masih berjalan, Justin justru mendapat panggilan dari timnas Belanda U-20 untuk mengikuti pertandingan uji coba melawan Prancis.

Baca Juga:
Muhammad Ragil, Si Jangkung Pengunci Kemenangan Garuda Select atas Huddersfield

Sementara proses perpindahan federasi masih belum dilakukan dan proses naturalisasi masih berjalan, sah-sah saja bagi Justin bergabung Belanda.

Hal ini tentu akan menimbulkan kontroversi, namun peluang bermain lebih baik dan masa depan cerah tentu akan menjadi faktor penentu keputusan.

2. Tak Hadiri Sidang

Baca Juga:
5 Pemain yang Bisa Gantikan Posisi Justin Hubner jika Batal Gabung Timnas Indonesia U-20

Dengan alasan sedang latihan, Justin Hubner mangkir dari proses sidang dalam rapat pembahasan naturalisasi di Komisi III dan X DPR RI, Senin (20/3/2023).

Indra Sjafri selaku Direktur Teknik PSSI menyebut Justin berhalangan hadir karena sedang latihan, namun tidak diketahui latihan dengan tim mana.

Wolves atau timnas Belanda U-20 di Marbella Football Center, Spanyol, sementara lewat unggahan pada akun Instagram pribadi, Justin membagikan momen di tempat latihan tersebut.

Kontributor: Eko
Load More