Rauhanda Riyantama
CEK FAKTA: Shayne Pattynama dikabarkan bisa bela Timnas Indonesia lawan Burundi, benarkah? (Youtube/@arp4071)

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyatakan Shayne Pattynama bisa debut dan membela Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Burundi. Benarkah?

Informasi itu dibagikan oleh kanal YouTube bernama ARP yang menyebutkan bahwa pemain keturunan tersebut bisa debut di laga melawan Burundi.

Hal ini terlihat jelas dari judul bombastis yang digunakan oleh kanal YouTube bernama ARP itu, dalam video yang diunggahnya pada Kamis (23/3).

Baca Juga:
Jadwal Lengkap Kualifikasi Piala Eropa 2023 dari 23-29 Maret: Ada Big Match Italia vs Inggris hingga Prancis vs Belanda

“ALHAMDULILLAH SEMUA SENANG! AKHIRNYA SHAYNE PATTYNAMA BISA DEBUT DI FIFA MATCHDAY MELAWAN BURUNDI!,” bunyi judul video tersebut.

Dalam pantauan Bolatimes.com, terlihat video tersebut telah ditonton sebanyak 5 ribu kali lebih dan menuai 38 komentar dari netizen.

Baca Juga:
Thomas Doll Tertarik Ikut Puasa seperti Pemain Persija, Berharap Bisa Rasakan Manfaat

PENJELASAN

Video tersebut pertama-tama dibuka dengan narasi bahwa Shayne Pattynama akhirnya bisa membela Timnas Indonesia di laga melawan Burundi.

Video itu kemudian dilanjutkan dengan informasi bahwa Shayne Pattynama telah resmi dinaturalisasi pada 24 Januari 2023 dan akan berseragam Timnas Indonesia.

Baca Juga:
Pernah Berhadapan di Premier League, Jordi Amat akan 'Bereuni' dengan Striker Timnas Burundi

Namun setelahnya, video tersebut menarasikan bahwa Shayne Pattynama belum bisa dipastikan bermain melawan Burundi.

Video tersebut menjelaskan bahwa Shayne Pattynama belum tentu bisa membela Timnas Indonesia karena perpindahan federasinya belum rampung.

Lalu video itu menyatakan bahwa missal Pattynama tak bisa bermain di laga pertama, maka ia punya kesempatan di laga kedua, asal prosesnya perpindahan federasinya tuntas.

Baca Juga:
Ivar Jenner dan Rafael Struick Kompak Cantumkan PSSI di Akun Instagram, Justin Hubner Malah Tidak

Setelah membahas soal Pattynama, video tersebut menjelaskan dua pemain naturalisasi lainnya, yakni Jordi Amat yang telah debut di Timnas Indonesia dan Sandy Walsh yang masih urung melakoni debut.

KESIMPULAN

Dengan judul dan narasi yang ada dalam video unggahan kanal YouTube ARP itu, dapat dikatakan bahwa informasi yang diberikan tak sesuai.

Pasalnya dalam judul tersebut, kanal YouTube ARP seakan-seakan mengkonfirmasi bahwa Shayne Pattynama bisa tampil di laga melawan Burundi.

Bahkan video itu pun juga dibuka dengan narasi yang memastikan Shayne Pattynama tampil di laga melawan Burundi pada ajang FIFA Matchday.

Padahal di lanjutan video, kanal YouTube ARP memberikan informasi bahwa proses perpindahan federasi Shayne Pattynama belum rampung, sehingga ia bisa saja bermain di laga kedua.

Namun informasi itu tak sesuai dengan kabar yang beredar, di mana Nova Arianto selaku asisten pelatih Timnas Indonesia, justru mengkonfirmasi Shayne Pattynama batal tampil di laga melawan Burundi.

Alasan tak bakal bermainnya Shayne Pattynama dikarenakan proses perpindahan federasinya yang belum sepenuhnya tuntas hingga saat ini.

Dengan penjelasan dan kesimpulan ini, dapat dikatakan bahwa informasi yang diedarkan kanal YouTube ARP lewat judul dan narasi videonya, masuk kategori disinformasi dan hoaks, karena tak sesuai dengan fakta yang ada.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More