Irwan Febri Rialdi
Potret pemain Timnas Israel U-19 saat tampil di Euro U-19 2022. (AFP)

Bolatimes.com - Berikut deretan sanksi FIFA yang bisa didapatkan Indonesia andai menolak kedatangan Israel yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2023.

Dalam waktu dekat, Indonesia akan menggelar hajatan bertajuk Piala Dunia U-20 2023. Dijadwalkan ajang ini akan digelar sejak 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

Dalam persiapannya, Indonesia pun telah menunjuk enam wilayah sebagai venue, yakni Jakarta, Surabaya, Bandung, Palembang, Solo, dan Bali.

Baca Juga:
Bak Terlahir Kembali, Reaksi Riko Simanjuntak usai Dipilih Shin Tae-yong Perkuat Timnas Indonesia

Jelang gelaran Piala Dunia U-20 2023 ini, masalah pun datang seiring akan tampilnya Timnas Israel U-20 pada ajang dua tahunan tersebut.

Masalah ini datang seiring adanya penolakan dari beberapa elemen di Indonesia. Bahkan, salah satu venue pertandingan, yakni Bali, juga menolak kehadiran Israel.

Penolakan ini hadir dari peraturan yang berlaku di Indonesia, terutama dari Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 dan juga Peraturan Menteri Luar Negeri atau PERMENLU.

Baca Juga:
Kebohongan PSSI, Bilang Perpindahan Federasi Shayne Pattynama Sudah Rampung padahal Belum

Hadirnya penolakan ini pun lantas menjadi polemik dan menjadi perbincangan di kalangan penikmat sepak bola Tanah Air.

Sebab, jika kehadiran Israel benar-benar ditolak, Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pun berpotensi mendapat sanksi dari penyelenggara ajang itu, yakni FIFA.

Andai penolakan terhadap Israel untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023 terealisasi, apa saja sanksi yang akan diterima Indonesia dari induk sepak bola dunia atau FIFA? Berikut ulasannya!

Baca Juga:
Piala Dunia U-20 Indonesia Jadi Panggung Buat Andalan Pep Guardiola di Manchester City

1. Status Tuan Rumah Dicopot

Dengan hadirnya penolakan terhadap Israel ini, ada potensi FIFA akan mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Pasalnya, Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional atau IFAB telah memastikan bahwa tuan rumah di event-event sepak bola di bawah naungan FIFA tak boleh membawa urusan politik.

Baca Juga:
Hadapi Huddersfield, Garuda Select Tak Diperkuat Bocah Ajaib Alumni Chelsea

Dengan penolakan ini, FIFA pun bisa saja mengalihkan status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang dimiliki Indonesia ke negara peserta lainnya.

2. Indonesia Tak Bisa Jadi Tuan Rumah Event FIFA

Jika Israel benar-benar tak bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023, maka Indonesia bisa saja mendapat getah tak akan lagi bisa menjadi tuan rumah ajang-ajang yang digelar FIFA.

Sebab, FIFA akan menjadikan polemik ini sebagai acuan sebelum menunjuk sebuah negara menjadi tuan rumah event-event internasional.

Dengan adanya penolakan ini, Indonesia pun terancam tak bisa menggelar ajang-ajang bergengsi dari FIFA, termasuk Piala Dunia.

3. Indonesia Di-Banned oleh FIFA

Sanksi paling berat yang akan dirasakan Indonesia jika menolak Israel di Piala Dunia U-20 2023 adalah pembekuan atau Banned dari FIFA.

Dengan pembekuan atau Banned dari FIFA itu, sepak bola Indonesia pun tak akan bergeliat dan Timnas Indonesia maupun klub-klub di dalamnya tak bisa bermain di kompetisi resmi.

Sanksi ini pun akan merembet ke berbagai elemen, seperti klub, pemain, pelatih, dan wasit yang akan kehilangan pekerjaan di lapangan hijau.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More