Husna Rahmayunita
Penyerang Nantes Christian Bekamenga merayakan setelah mencetak gol selama pertandingan Ligue 1 antara Nantes vs Nice, pada 18 April 2009 di Stadion La Beaujoire di Nantes. (AFP/Frank Perry)

Bolatimes.com - Sejumlah nama pemain asing yang pernah merumput di Liga Indonesia ternyata memiliki nasib yang lebih baik ketika memutuskan untuk melanjutkan kariernya ke Eropa.

Tercatat, setidaknya ada lima nama pemain asing yang berstatus sebagai jebolan Liga Indonesia. Mereka masih mendapatkan tempat ketika memutuskan angkat kaki dan menuju ke Eropa.

Bahkan, salah satunya bisa mendapatkan karier dan nasib yang lebih baik. Sebab, setelah pergi dari Indonesia, pemain ini justru berkarier di kasta tertinggi Liga Prancis.

Baca Juga:
Unggahan Kata 'Punten' KMSK Deinze Usai Main Imbang jadi Sorotan, Netizen justru Minta segera Mainkan Marselino

Berikut Bolatimes.com menyajikan daftar nama pemain asing jebolan Liga Indonesia yang melanjutkan kariernya ke Eropa.

1. Petteri Pennanen

Gelandang serang Tira-Persikabo, Petteri Pennanen. [Dok. Tira-Persikabo]

Kompetisi Liga 1 musim 2020-2021 sempat diwarnai dengan hadirnya sosok pemain asing asal Finlandia, Petteri Pennanen, yang berkarier bersama Tira-Persikabo.

Baca Juga:
Sah! Komisi X DPR RI Setuju dengan Proses Naturalisasi Tiga Pemain Keturunan, Siap Tampil di Piala Dunia U-20 2023 Nih

Sayangnya, dia justru memilih untuk angkat kaki karena kasus pemotongan gaji yang diterapkan selama pandemi Covid-19.

Setelah angkat kaki dari Indonesia, Petteri Pennanen melanjutkan kariernya bersama klub asal Finlandia, Koupion Palloseura.

2. Eero Markkanen

Baca Juga:
Catat Rekor Pemain Tertua yang Cetak Gol di Serie A, Ibrahimovic masih Enggan Pensiun dari Sepak Bola

Pemain baru PSM Makassar, Eero Markkanen (instagram.com/eeromark)

PSM Makassar pernah mendatangkan pemain asing berkualitas, Eero Markkanen, untuk mengarungi Liga 1 2019. Ketika itu, dia didatangkan dari klub Denmark, Dalkurd.

Sayangnya, Markkanen hanya setengah musim memperkuat Juku Eja. Dia memilih hengkang pada September 2019 lalu sempat kesulitan mencari pelabuhan baru.

Pada Februari 2020, Markkanen akhirnya mendapatkan tawaran dari klub kasta tertinggi Liga Finlandia, FC Haka.

Baca Juga:
2 Negara Amerika Latin yang Pernah Jadi Lawan Timnas Indonesia, Akankah Argentina Menyusul?

3. Rene Mihelic

Persib Bandung sempat memiliki pemain asing asal Slovenia, Rene MIhelic, pada 2019. Ketika itu, dia direkrut dari klub India, Delhi Dynamos.

Namun, Mihelic hanya bertahan selama empat bulan bersama Persib Bandung. Setelah itu, dai angkat kaki dan memperkuat klub kasta tertinggi Liga Slovenia, NK Maribor.

4. Geoffrey Castillion

Pemain asing Persib Bandung lainnya yang punya kisah mentereng ialah Geoffrey Castillion. Dia sempat bermain selama dua musim bersama Pangeran Biru.

Tak hanya itu, dia juga sempat dipinjamkan bersama klub kasta kedua Liga Italia, Como 1907. Namun, dia akhirnya kembali angkat kaki setelah kembali ke Persib Bandung dari masa pinjaman.

5. Christian Bekamenga

Persib Bandung pernah mendatangkan pemain asing berkualitas bernama Christian Bekamenga. Ketika itu, dia direkrut pada 2007 dari klub Liga Malaysia, Negeri Sembilan.

Sayangnya, Bekamenga hanya semusim bertahan di Persib. Dia memutuskan untuk angkat kaki karena mendapat tawaran menggiurkan dari klub Liga Prancis, Nantes FC.

Bersama klub kasta tertinggi Liga Prancis itu, Bekamenga bermain hingga tahun 2010 dan melanjutkan kariernya ke Liga Andorra.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More