Rauhanda Riyantama
Selebrasi pemain Timnas Indonesia saat kalahkan Kamboja di Piala AFF 2022. (dok.PSSI)

Bolatimes.com - Berikut deretan negara top yang bisa menjadi lawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday Juni 2023 selain Argentina yang tengah dijajaki PSSI.

Sebagaimana diketahui, PSSI lewat sang Ketua Umum (Ketum), Erick Thohir, dilaporkan tengah menjajaki peluang Timnas Indonesia bertanding melawan Argentina.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Umum (Waketum) PSSI, Zainudin Amali. Ia menyebutkan bahwa Erick Thohir menjajaki peluang tersebut kala menghadiri Kongres FIFA di Rwanda.

Baca Juga:
Pilih Tak Panggil Marselino Ferdinan untuk FIFA Matchday, Begini Penjelasan PSSI

Nantinya duel melawan Argentina ini akan dilakoni pada bulan Juni, setelah Timnas Indonesia bertanding melawan Palestina pada bulan yang sama.

Namun, Zainudin Amali tak bisa memastikan Argentina bersedia atau tidak melawan Timnas Indonesia. Jika pun bersedia, belum diketahui pula siapa yang akan jadi lawan, entah itu tim utama ataupun tim kelompok umur.

Andai rencana menggaet Argentina sebagai lawan uji tanding tak berhasil, PSSI pun bisa melirik negara-negara top lainnya sebagai lawan Timnas Indonesia di bulan Juni.

Baca Juga:
3 Keuntungan yang Diperoleh Timnas Indonesia andai Lawan Argentina di FIFA Matchday

Lantas, negara top mana saja yang bisa dijajaki PSSI untuk beruji tanding melawan Timnas Indonesia pada FIFA Matchday di Juni 2023? Berikut daftarnya.

1. Uzbekistan

Uzbekistan merupakan salah satu negara top di dunia untuk kategori sepak bola. Hal ini terbukti dari tim senior dan tim kelompok umurnya.

Baca Juga:
Bruno Fernandes Tunjukkan Performa Terbaiknya setiap Pertandingan, Pelatih Manchester United Puji Habis-habisan

Saat ini, negara Asia Tengah itu berada di ranking ke-77 FIFA. Sehingga, PSSI bisa melobi federasi sepak bola Uzbekistan atau UFF untuk beruji tanding, jika berkaca pada keberhasilan menggaet Curacao sebagai lawan pada 2022 lalu.

Apalagi secara kultur, Uzbekistan dan Indonesia memiliki kemiripan. Sehingga besar kemungkinan negara tersebut mau menerima pinangan PSSI.

2. Tajikistan

Baca Juga:
Menuju Juara BRI Liga 1, Intip Daftar Prestasi PSM Makassar dalam Sejarah Sepak Bola Indonesia

Jika gagal melobi Uzbekistan, PSSI juga bisa melobi negara Asia Tengah lainnya yakni Tajikistan sebagai lawan tanding Timnas Indonesia di Juni 2023.

Tajikistan memang saat ini berada di peringkat ke-108. Meski begitu, kualitas tim berjuluk Singa Persia ini tak sembarangan.

Tajikistan mampu lolos ke Piala Asia 2023 dengan status juara grup di babak kualifikasi. Selain itu, negara ini punya beberapa pemain bintang dengan nama besar di kancah sepak bola Asia.

3. Bolivia

Andai Argentina enggan melawan Timnas Indonesia, PSSI bisa melobi negara Amerika Selatan lainnya, yakni Bolivia, sebagai lawan tanding skuad Garuda.

Wacana agar Timnas Indonesia bertanding melawan Bolivia sudah didengungkan sejak jauh-jauh hari. Tim berjuluk La Verde ini dianggap lawan yang tepat bagi skuad Garuda.

Sebab, Bolivia berada di peringkat ke-82 FIFA. Sehingga, besar kemungkinan negara ini mau bertanding melawan Timnas Indonesia seperti halnya Curacao. 

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More