Rauhanda Riyantama
Irfan Karijowidjojo. (dok. adodenhaagjeugd.nl)

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa pemain keturunan yang fasih bahasa Jawa siap membela Timnas Indonesia. Benarkah?

Informasi ini hadir melalui sebuah video yang diunggah oleh kanal YouTube bernama Kreator Bola, yang mengklaim pemain keturunan penuhi panggilan Timnas Indonesia.

Klaim tersebut terlihat dalam judul video yang diunggah Kreator Bola. Dalam pantauan Bolatimes.com video hadir belum terbilang lama yakni pada 10 Maret 2023.

Baca Juga:
Babak Baru Skandal Dugaan Suap Barcelona: Hakim Perintahkan Pemeriksaan Bartomeu dkk

“FASIH BAHASA JAWA!! PEMAIN KETURUNAN PENUHI PANGGILAN PSSI BELA TIMNAS - TINGGINYA 198 CM,” bunyi judul video tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, Kamis (16/3) pukul 16.50 WIB, video tersebut telah ditonton sebanyak 30 ribu lebih dan mendapat 39 komentar dari netizen.

Baca Juga:
PSSI-nya Spanyol Buka Suara Soal Skandal Dugaan Suap Barcelona

PENJELASAN

Dalam video berdurasi 3 menit 18 detik tersebut, narator membuka video dengan menyebutkan Timnas Indonesia berpeluang tampil baik di ajang Piala Asia dan Piala Dunia U-20 2023.

Lalu video tersebut menyebutkan penampilan Timnas Indonesia tak terlalu buruk meski gagal di Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Karim Benzema Dikabarkan Perpanjang Kontrak: 15 Musim Mengabdi di Real Madrid

Lalu video itu menyebut bahwa Timnas Indonesia harus memberikan beberapa opsi agar PSSI mau menaturalisasi pemain-pemain keturunan.

Salah satu pemain yang disebut video tersebut adalah Irfan Karijowidjojo, yang disebut bukanlah sosok asing karena memiliki nama yang begitu ‘Jawa’.

Selanjutnya video tersebut membahas sepak terjang Irfan Karijodwijojo bersama timnya ADO Den Haag dan baru saja dipanggil ke Timnas Belanda kelompok umur.

Baca Juga:
Carlo Ancelotti Impikan Real Madrid Bertemu AC Milan di Final Liga Champions

Selain itu, video tersebut mengklaim bahwa pemain keturunan yang ada di Belanda ini disebutkan mau membela Timnas Indonesia.

KESIMPULAN

Dengan penjelasan di atas serta judul yang tertera di video itu, bisa disimpulkan bahwa klaim video Kreator Bola tersebut tak sesuai dengan fakta yang ada.

Jika melihat judul video tersebut, tertulis bahwa pemain keturunan ini fasih berbahasa Jawa. Namun faktanya, di video itu tak ada narasi yang menyebutkan Irfan Karijowidjojo fasih berbahasa Jawa.

Lalu judul video itu juga menuliskan postur tubuh yakni tinggi 198 cm. Sedangkan dalam narasinya, disebutkan bahwa Irfan Karijowidjojo hanya berpostur 180 an cm.

Untuk klaim bahwa Irfan Karijowidjojo penuhi panggilan Timnas Indonesia, video tersebut pun tak menceritakan detail pemanggilan itu.

Bahkan dalam pantauan Bolatimes.com, tak ada pernyataan Irfan Karijowidjojo ingin membela Timnas Indonesia seperti pernyataan yang ada dalam video unggahan Kreator Bola.

Malahan, Irfan Karijowidjojo saat ini tercatat membela Timnas Belanda U-16 seperti laporan yang terlihat dari berbagai media masa pada awal Maret 2022 lalu.

Dengan melihat video dan bukti yang ada di lapangan, informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola tersebut termasuk dalam kategori disinformasi dan hoaks.

Load More