Rauhanda Riyantama
Jordi Amat dan Sandy Walsh. (Instagram/PSSI)

Bolatimes.com - Beredar informasi yang menyebutkan bahwa laga kontra Burundi akan jadi panggung unjuk gigi bintang Eropa bersama Timnas Indonesia. Benarkah?

Informasi ini lahir dari sebuah video unggahan kanal YouTube bernama ONEWS, yang mengklaim bintang Eropa akan unjuk gigi saat Timnas Indonesia melawan Burundi.

Klaim tersebut terlihat dari judul dalam video yang diunggahnya tersebut. Dalam pantauan Bolatimes.com, video tersebut tayang perdana pada 12 Maret 2023 lusa kemarin.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Tumbang Lawan Persikabo 1973, RANS Nusantara FC Kian Tenggelam di Dasar Klasemen

“WAKTUNYA PULANG! PANGGUNG BINTANG PEMAIN EROPA~TIMNAS INDONESIA DI FIFA MATCH DAY 2023,” bunyi judul video ONEWS tersebut.

Hingga artikel ini dibuat, Selasa (14/3), tercatat video tersebut telah ditonton sebanyak 8 ribu kali lebih dan mendapat 14 komentar dari netizen.

Baca Juga:
Timnas Indonesia Lagi-lagi dicueki, Thailand dan Rusia Tampil di Piala AFF-nya Asia Tengah

PENJELASAN

Dalam video tersebut, kanal YouTube ONEWS memuat narasi bahwa bintang Eropa yang akan tampil bagi Timnas Indonesia saat melawan Burundi adalah Sandy Walsh.

Dalam narasi tersebut, disebutkan bahwa laga uji coba melawan Burundi pada FIFA Matchday 2023 bisa menjadi momen debut bagi Sandy Walsh.

Baca Juga:
Daftar Lawan Negara ASEAN di FIFA Matchday: Vietnam Absen, Indonesia Lawan Burundi

Selanjutnya, narasi tersebut menjelaskan bahwa Sandy Walsh belum melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia meski telah dinaturalisasi dan berstatus WNI.

Narasi video tersebut pun mengungkapkan bahwa Sandy Walsh sudah tak sabar melakoni debutnya bersama Timnas Indonesia.

Namun, video tersebut mengungkapkan bahwa harapan itu bisa saja pupus. Pasalnya, pemain berusia 27 tahun itu tengah mengalami cedera yang didapat pada Februari 2023 lalu.

Baca Juga:
Link Live Streaming Garuda Select vs Queens Park Rangers Malam Ini

Cedera tersebut adalah cedera Pelvis yang ia dapatkan saat melakoni leg pertama Piala Belgia 2022/2023 melawan Zulte Waregem pada 3 Februari lalu.

Video tersebut juga mengklaim bahwa Sandy Walsh belum tahu kapan pulih dari cederanya. Hanya saja, ia berharap bisa sembuh cepat agar bisa melakoni debut bersama Timnas Indonesia.

KESIMPULAN

Dengan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa informasi yang diberikan ONEWS sesuai dengan fakta yang ada saat ini.

Apalagi saat ini, Sandy Walsh tengah berada dalam masa pemulihan akibat cedera Pelvis yang ia derita. Situs Transfermarkt bahkan juga tak mengetahui pasti kapan dirinya akan merumput lagi.

Selain itu, video dari ONEWS tersebut juga memuat narasi yang dikutip artikel dari Bolatimes.com yang tayang pada Sabtu (11/3) dengan judul “4 Pemain Naturalisasi yang Siap Perkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday”.

Dalam narasi video itu, artikel Bolatimes.com tersebut disadur dengan memasukkan nama Sandy Walsh dan Shayne Pattynama sebagai pemain naturalisasi siap perkuat Timnas Indonesia di FIFA Matchday melawan Burundi.

Jika berkaca pada judul, maka video ONEWS tak sepenuhnya salah, mengingat baik Sandy Walsh dan Shayne Pattynama merupakan pemain bintang yang bermain di Eropa.

Meski Sandy Walsh belum diketahui akan tampil atau tidak melawan Burundi, ada kemungkinan Shayne Pattynama bisa tampil dan melakoni debutnya melawan Burundi.

Sebab, informasi yang beredar bahwa pemain yang baru dinaturalisasi itu telah merampungkan proses perpindahan asosiasi dan dipanggil Timnas Indonesia untuk melawan Burundi.

Selain itu, pemain berusia 24 tahun ini berada dalam kondisi apik, sehingga besar kemungkinan ia akan debut bagi Timnas Indonesia saat menghadapi Burundi.

Dengan kata lain, judul maupun narasi video ONEWS yang menyebut bintang Eropa akan unjuk gigi di FIFA Matchday masuk dalam kategori informasi yang benar dan sesuai dengan fakta di lapangan.

Kontributor: Felix Indrajaya
Load More