Galih Prasetyo
Pelatih Persija Jakarta, Thomas Doll. (Dok. Persija)

Bolatimes.com - Pelatih asal Jerman, Thomas Doll mengaku bahwa ia mengetahui banyak pihak mencibir karena melanjutkan karier di Indonesia dan melatih Persija.

Sebelum resmi melatih Persija pada April 2022, Thomas Doll memiliki rekam jejak melatih klub sekelas Hamburger SV hingga Borusia Dortmund.

Ia juga pernah melatih klub besar Arab Saudi, Al-Hilal SFC. Sempat kembali melatih di Bundesliga dengan tangani Hannover 96, Doll melanjutkan ke APOEL Nicosia lalu ke Persija Jakarta.

Baca Juga:
Punya Kontrak Tiga Tahun dengan Persija, Thomas Doll Masih Bermimpi Kembali ke Bundesliga

Saat disinggung anggap banyak kritikus di Jerman bahwa ia mengalami penurunan karier dengan melatih di Indonesia, Doll memberikan jawaban menohok.

"Saya tidak peduli dengan apa yang dikatakan ahli mana pun. Mereka tidak ada hubungannya dengan hidup dan karier saya," kata Doll kepada media Jerman, NDR.

"Mereka dapat menulis apa yang mereka inginkan. Menarik untuk dikatakan dalam bahasa Jerman bahwa saya buka babi. Saya tidak bertanggung jawab kepada siapa pun. Saya melakukan apa yang ingin saya lakukan, bukan apa yang orang lain harapkan," tegasnya.

Baca Juga:
Peluang Juara Persija Makin Tipis, Thomas Doll Curhat Pemain yang Cedera dan Kerap Dipanggil Timnas

Doll mengaku bahwa ia cukup kerasan tinggal di Indonesia meski tinggal dengan jarak cukup jauh dengan istri serta anaknya.

Istri dan anak Thomas Doll diketahui bertempat tinggal di Budapest, Hungaria. Diakui oleh Doll, beberapa kali sang istri Edina datang ke Indonesia mengunjunginya.

"Saya menikmati momen saat ini. Anda masih dapat mendengar lalu lintas di kota ini pada malam hari. Selalu ada sesuatu yang terjadi di sini. Kota ini tidak pernah istirahat," jelas Thomas Doll menggambarkan kota Jakarta.

Baca Juga:
Persija Jakarta Kalah Lagi, Thomas Doll sampai Sulit Berkata-kata

"Kota ini benar-benar memiliki banyak pemandangan untuk ditawarkan, sungguh luar biasa," tambahnya.

Load More