Rauhanda Riyantama
Shayne Pattynama (Instagram/s.pattynama)

Bolatimes.com - Shayne Pattynama kini dilaporkan telah resmi berpindah federasi usai merampungkan proses naturalisasi menjadi WNI. Dengan demikian, pemain Viking FK itu bisa membela Timnas Indonesia melawan Burundi di FIFA Matchday pada 25 dan 28 Maret mendatang.

Kabar ini disampaikan langsung oleh Wakil Ketua Umum PSSI Zainudin Amali. Ia menyebut proses pindah federasi Shayne Pattynama federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) telah selesai.

"Perpindahan federasi Shayne Pattynama sudah rampung," kata Zainudin Amali kepada awak media di Kantor PSSI, GBK Arena, Jakarta, Senin (13/3/2023).

Baca Juga:
Main di Indonesia, Tunisia Diminta Tiru Semangat Membara Maroko di Piala Dunia 2022

Selanjutnya, PSSI akan mengirim surat kepada klub pemain naturalisasi untuk pertandingan Timnas Indonesia lawan Burundi di FIFA Matchday.

"Secara informal komunikasi sudah. Surat akan segera diurus Sekjen PSSI, Yunus Nusi," terangnya.

"Besok (hari ini) kami akan sampaikan surat ke klub untuk pemanggilan," imbuhnya.

Baca Juga:
Raih Tiket Piala Dunia U-20 Indonesia, Junior Shin Tae-yong Dipuji Setinggi Langit

Shayne Pattynama resmi menjadi Warga Negara Indonesia pada 24 Januari 2023. Ia jadi pemain keturunan terakhir yang diambil sumpah setelah Jordi Amat dan Sandy Walsh.

PSSI akan memanggil para pemain tersebut untuk memperkuat Timnas Indonesia kontra Burundi. Tak hanya Shayne dan dua pemain naturalisasi lain, PSSI juga kemungkinan memanggil Elkan Baggott yang kini merumput di Inggris.

Sementara itu, Shayne Pattynama kekinian tampil apik saat membantu klubnya, Viking FK lolos ke perempat final Piala Norwegia berkat mengalahkan Rosenborg 1-0. Pada laga tersebut, Shayne Pattynama tampil full time selama 90 menit laga. 

Baca Juga:
Tampil Impresif, Daffa Fasya Masuk 5 Besar Pemain Terbaik di Piala Asia U-20 2023

Load More