Husna Rahmayunita
Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka (kiri) melakukan selebrasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Timnas U-20 Suriah dalam kualifikasi Grup A Piala Asia U-20 di Stadion Lokomotiv, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nz.

Bolatimes.com - Timnas Indonesia U-20 besutan Shin Tae-yong ditargetkan lolos penyisihan Grup Piala Dunia U-20 2023. Hal itu disampaikan oleh Ketum PSSI Erick Thohir.

Piala Dunia U-20 2023 digelar pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Indonesia berstatus sebagai tuan rumah ajang bergengsi tersebut.

Saat disinggung mengenai target Timnas U-20 di Piala Dunia, Erick Thohir menyerahkannya kepada Shin Tae-yong.

Baca Juga:
Pemanasan SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 Agendakan 3 Uji Coba

Namun secara pribadi, ia berharap Garuda Nusantara bisa lolos penyisihan grup Piala Dunia U-20 2023.

"(Target) tanya Coach Shin Tae-yong, tetapi kalau saya sudah menargetkan timnas bisa lolos grup,” kata Erick Thohir usai meninjau Stadion Kapten I Wayan Dipta di Gianyar, Bali, Minggu (12/3) seperti dimuat Antara.

Di Piala Dunia U-20, Timnas Indonesia U-20 kembali akan bersaing dengan Uzbekistan dan Irak layaknya di Piala Asia U-20.

Baca Juga:
Eks Pesaing Witan Sulaeman Bakal jadi Andalan Slovakia di Piala Dunia U-20 Indonesia

"Yang sekarang lolos AFC (Piala Asia U20) untuk main Piala Dunia itu Uzbekistan dan Irak. Itu satu grup sama tim Indonesia,” kata Ketum PSSI.

Erick Thohir menyampaikan Timnas U-20 di Piala Asia U20 mampu menahan imbang Uzbekistan 0-0, tetapi sempat kecolongan dua gol saat menghadapi Irak.

"Kita mungkin belum panas, mesin diesel. Jadi kecolongan 2-0, tetapi kita sama Syria (Suriah, red.) menang 1-0. Sekarang yang lolos Uzbekistan dan Irak, tinggal satu lagi kita tunggu,” kata dia.

Baca Juga:
Shayne Pattynama Tampil 90 Menit, Viking FK Lolos ke Perempat Final Piala Norwegia

Ia pun optimistis pasukan Shin Tae-yong dapat mengukir prestasi di kompetisi sepak bola tingkat dunia selama ada persiapan yang konsisten dan matang.

"Artinya, kalau kita mau mempersiapkan timnas kita seserius mungkin, ya kita bikin TC (pemusatan latihan, red.) jangka panjang. Kita bisa lebih baik. Ini harus saling menyatu programnya," kata eks bos Inter Milan tersebut.


Setidaknya ada 24 negara yang akan memperebutkan gelar juara di Piala Dunia U20 tahun ini. Mereka adalah Indonesia, Republik Dominika, Guatemala, Honduras, Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Israel, Italia , Slovakia, Fiji, Selandia Baru, Brasil, Uruguay , Kolombia, Ekuador, Gambia, Nigeria, Senegal, Tunisia, Uzbekistan, Irak, Korea Selatan dan Jepang.

Baca Juga:
Gelandang Serang Garuda Select Ingin Bela Timnas Indonesia, Bisa Jadi Amunisi Baru Shin Tae-yong

Load More