Irwan Febri Rialdi
Cek fakta gaji Shin Tae-yong ditunggak PSSI selama enam bulan. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola baru-baru ini menyebarkan informasi bahwa kontrak pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, disebut-sebut sudah tidak dibayar selama enam bulan. Bagaimana faktanya?

Melalui sebuah video yang diunggah pada Sabtu (11/3/2023), kanal YouTube Kreator Bola menyebut bahwa jajaran gaji pelatih Timnas Indonesia, termasuk Shin Tae-yong, sudah ditunggak PSSI.

Bahkan, dalam judulnya, mereka menyebut bahwa, “Gaji Pelatih Timnas Nunggak! PSSI Hanya Diam Ditagih STY! Begini Kronologinya,” bunyi judul video yang diunggah kanal YouTube Kreator Bola itu.

Baca Juga:
Legenda Chelsea Datang ke Indonesia Bertemu Hokky Caraka, Bujuk untuk Main ke Eropa?

Dalam video tersebut, Kreator Bola juga menyebut bahwa gaji asisten pelatih Shin Tae-yong, termasuk Jeong Seok-seo sebagai penerjemah serta Yoo Jae-hoon, juga sudah tidak dibayar oleh PSSI.

“Sesuai laga di Piala Asia U-20, ternyata ada beberapa masalah internal di jajaran pelatih Timnas Indonesia. Hal ini pun diungkapkan oleh beberapa asisten pelatih, termasuk Jeong Seok-seo,” bunyi narasi video tersebut.

“Diketahui penerjemah dari Shin Tae-yong ini ternyata melakukan protes. Bukan hanya itu, ada Yoo Jae-hoon yang menjadi asisten kiper dari pelatih Timnas Indonesia.”

Baca Juga:
Profil Matias Mier, Otak Gol Bhayangkara FC yang Mirip Gol Liverpool di Liga Champions

“Hal ini memang sedikit pelik lantaran jajaran pelatih Timnas Indonesia ternyata kontraknya dan gajinya sudah tidak dibayar lagi. Hal ini lantaran kontraknya memang segera berakhir,” lanjutnya.

Benarkah gaji Shin Tae-yong dan asisten pelatih yang membantunya di staf kepelatihan Timnas Indonesia ditunggak oleh PSSI? Mari kita cek faktanya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Kampung Halaman Lionel Messi Jadi Sarang Kejahatan, Gang Narkoba Kuasai Kota

Jeong Seok-seo dan Yoo Jae-hoon memang sempat mengeluhkan status kontraknya bersama PSSI beberapa waktu lalu. Mereka saat ini tengah menanti soal kejelasan kontraknya bersama PSSI.

“Kontrak, kontrak, kontrak. Sudah mulai lelah,” tulis Jeong seok-seo via akun Instagram-nya.

Sementara itu, Yoo Jae-hoon sempat mengeluhkan kejelasan kontraknya bersama Timnas Indonesia. Hal itu diungkapkannya setelah Erick Thohir terpilih sebagai Ketua Umum PSSI yang baru.

Baca Juga:
4 Pemain Keturunan yang Ditolak Mentah-mentah oleh Shin Tae-yong, Salah Satunya Kini Promosi ke Tim Senior

“Terima kasih kepada pak @mochamadiriawan84. Selamat kepada pak @erickthohir. Semoga sepak bola Indonesia bisa lebih maju dan jaya terus. Semoga secepatnya ada kontrak yang jelas,” tulis Yoo Jae-hoon.

Jika dilihat dari pernyataan keduanya, sebetulnya tidak ada penunggakan gaji yang terjadi. Namun, mereka memang belum mendapatkan kontrak yang jelas dari PSSI.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang diunggah oleh kanal YouTube Kreator Bola tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Sebab, tidak ada kasus penunggakan gaji yang dialami oleh Shin Tae-yong maupun para asistennya. Dengan demikian, video tersebut bisa dikategorikan sebagai hoaks.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More