Irwan Febri Rialdi
Cek fakta anak Shin Tae-yong bela Timnas Indonesia. (YouTube/Kreator Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Kreator Bola menyebarkan narasi soal kabar anak kandung Shin Tae-yong akan bergabung dengan Timnas Indonesia. Bagaimana faktanya?

Kanal YouTube ini menyebut bahwa dua anak Shin Tae-yong, Shin Jae-won dan Shin Jae-hyuk, bakal menjadi pemain naturalisasi yang memperkuat Timnas Indonesia.

Hal itu tergambar pada judul video yang diunggah pada Sabtu (11/3/2023) tersebut. “Penuhi Janji Bela Indonesia! Striker Keturunan Sudah Gabung Latihan Timnas. Ini Buktinya,” tulis kanal YouTube Kreator Bola.

Baca Juga:
Jadwal BRI Liga 1 Hari Ini: Dua Laga Seru! PSM Makassar Dijamu Persita, Persebaya vs Persib Bandung

Dalam narasi yang disebutkan pada video itu, kanal YouTube Kreator Bola juga mengatakan bahwa dua pemain yang bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 itu akan menjadi pemain naturalisasi selanjutnya.

“Baru-baru ini Shin Tae-yong kembali membuat gebrakan dengan menghebohkan media sosial. Di laman media Korea Selatan, Shin Tae-yong mengunggah foto dirinya dengan sang anak membela Indonesia dengan baju yang sama,” bunyi narasi Kreator Bola.

“Ini seperti memberikan kode bahwa sebenarnya Indonesia akan memiliki beberapa pemain keturunan kembali. Bahkan Shin Tae-yong pernah membuat program terbaru untuk dua anaknya ini,” lanjutnya.

Baca Juga:
Kasus Dugaan Suap Barcelona, Joan Laporta Buka Suara: Barca Adalah Korban!

PENJELASAN

Dua anak Shin Tae-yong, Shin Jae-won dan Shin Jae-hyuk, memang pernah bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-20 yang berlangsung di Turki pada November tahun lalu.

Dua anak kandung Shin Tae-yong ini juga terlihat sangat serius dalam melahap berbagai materi latihan yang diberikan oleh jajaran pelatih timnas Indonesia U-19.

Baca Juga:
Enggan Pasang Saddil Ramdani Sebagai Starter, Sabah FC Gagal Raih Kemenangan

Shin Jae-won dan Shin Jae-hyuk diketahui mengikuti latihan skuad Garuda Muda untuk menjaga kebugarannya masing-masing. Pasalnya, kedua pemain yang sama-sama berkarier di Korea Selatan ini sudah mengakhiri musim 2022 pada bulan September lalu.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan yang disebutkan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Kreator Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Baca Juga:
Dibungkam Persik Kediri, Presiden Persija Jakarta Minta Maaf usai Peluang Juara Makin Tipis

Sebab, Shin Jae-won dan Shin Jae-hyuk saat itu bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 karena bertujuan untuk menjaga kebugarannya di masa-masa libur panjang.

Shin Tae-yong pun memberikan kesempatan bagi anak asuhnya untuk tetap berlatih bersama Timnas Indonesia U-20 yang ketika itu berlatih secara intensif di Turki.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh kanal YouTube Kreator Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tak sesuai dengan fakta yang sebenarnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More