Irwan Febri Rialdi
Klub Belgia, FCV Dender. (Instagram/@fcdender)

Bolatimes.com - Klub Marselino Ferdinan di Divisi Kedua Belgia, KMSK Deinze, harus menelan kekalahan 0-1 saat menghadapi FCV Dender EH pada Sabtu (11/3/2023) dini hari WIB.

Kekalahan ini membuat Deinze gagal menyalip Lommel dalam persaingan di babak play-off degradasi. Kini Deinze menduduki peringkat kedua dari enam tim dengan 33 poin.

Hasil ini semakin mengecewakan karena Marselino Ferdinan dimainkan. Ia masuk sebagai pemain pengganti di menit ke-73 menggantikan Liam Fraser.

Baca Juga:
Asnawi Mangkualam Absen, Jeonnam Dragons Ukir Kemenangan Perdana

Performanya di waktu yang sangat singkat itu mendapat apresiasi oleh fans dan juga netizen di Indonesia. Aksinya pada malam tadi dinilai lebih berkembang dibanding saat menjalani debutnya pada Februari lalu.

Lantas, seperti apa sebetulnya profil Dender yang disebut dimiliki oleh orang Indonesia?

Profil FCV Dender EH

Baca Juga:
Tak Mampu Kalahkan Indonesia, Negara Ini Justru Lolos ke Piala Dunia U-20 2023

FCV Dender EH merupakan klub yang berbasis di Denderleeuw, Flanders Timur, Belgia. Dalam sejarah perjalanan tim ini, mereka lebih banyak berkutat di divisi bawah Belgia.

Adapun, cikal bakal dari terbentuknya klub ini adalah ketika klub bernama Verbroedering Denderhoutem terbentuk pada 1935. Klub ini bermain di divisi keempat dan kasta lebih lebih bawah hingga tahun 99-an.

Lantas pada 1999 hingga 2004/05, mereka konsisten bermain di divisi ketiga Belgia. Di tengah perjalanan itu, Verbroedering Denderhoutem merger dengan KFC Denderleeuw Eendracht Hekelgem pada 2005.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Persija Dipermalukan Persik Kediri 0-2, Gagal Salip Persib Bandung dan Menjauh dari Peluang Juara

Setelah merger itu, Dender EH berhasil tampil di Divisi Utama Belgia selama dua musim yaitu pada 2007/08 dan 2008/09. Namun setelah itu, performa mereka kembali menurun dan berkutat di kasta bawah lagi.

Nah pada 2018 lalu, pengusaha asal Indonesia bernama Sihar Sitorus mengakuisisi saham FCV Dender EH. Dalam struktur pengurus klub, orang Indonesia lainnya, Belinda Siahaan, tercatat menjabat sebagai General Manager FC Dender.

Setelah diakuisisi oleh Sihar Sitorus, FCV Dender berhasil menjuarai Divisi Ketiga Belgia 2021/22 dan promosi ke Divisi Kedua Belgia.

Baca Juga:
Indra Sjafri Siap Terima Konsekuensi dari Klub BRI Liga 1 jelang Persiapan SEA Games 2023

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More