Irwan Febri Rialdi
Pertandingan Timnas Indonesia vs Uzbekistan di babak fase grup A Piala Asia 2023 yang berlangsung di Stadion Istiqlol, Selasa (7/3) berakhir imbang tanpa gol (pssi.org)

Bolatimes.com - Uzbekistan yang sempat ditahan imbang oleh Timnas Indonesia U-20 di Piala Asia U-20 2023, berhasil lolos ke Piala Dunia U-20 2023.

Kepastian Uzbekistan lolos ke Piala Dunia U-20 2023 yang bakal berlangsung di Indonesia pada 20 Mei - 11 Juni mendatang didapatkan usai mengalahkan Australia.

Kemenangan White Wolves—julukan Uzbekistan—atas Australia didapatkan lewat adu penalti yang sekaligus mengantarkan tuan rumah ke semifinal Piala Asia U-20 2023.

Baca Juga:
Hasil BRI Liga 1: Persija Dipermalukan Persik Kediri 0-2, Gagal Salip Persib Bandung dan Menjauh dari Peluang Juara

Uzbekistan dan Australia sendiri bermain imbang 1-1 hingga dua babak tambahan waktu. Australia unggul lebih dulu di menit 77 lewat Gabriel Popovic, sebelum Uzbekistan menyamakan skor lewat Zafamurod Abdirakhmatov dua menit berselang.

Dalam duel adu penalti, kelima eksekutor Uzbekistan berhasil menjalankan tugasnya dengan baik, sedangkan satu penendang Australia yaitu Adrian Segecic gagal mengeksekusi bola.

Kemenangan atas Australia di babak perempat final ini memastikan Uzbeksitan ke semifinal dan menyegel satu tempat di semifinal Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga:
Indra Sjafri Siap Terima Konsekuensi dari Klub BRI Liga 1 jelang Persiapan SEA Games 2023

Pasalnya, empat tim yang berhasil meloloskan diri ke semifinal Piala Asia U-20 2023, berhak untuk menjadi wakil AFC yang berangkat ke Piala Dunia U-20 2023.

Uzbekistan menjadi tim kedua yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023 setelah Irak. Sebelumnya, Irak mengalahkan Iran dengan skor 1-0.

Adapun, kelolosan Uzbekistan ke semifinal Piala Asia U-20 2023 semakin mempertegas laju impresif mereka di ajang terbesar se-Asia untuk kelompok umur di bawah 20 tahun.

Baca Juga:
Jadwal Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday, Tanding Dua Kali

Uzbekistan lolos ke perempat final usai menjadi juara Grup A. Mereka menjadi pemuncak klasemen usai ditahan imbang 0-0 oleh Timnas Indonesia U-20 di laga terakhir.

Hasil itu membuat Timnas Indonesia U-20 yang berhasil menahan imbang Uzbekistan di Piala Asia U-20 2023. Uzbekistan sejauh ini mencatatkan tiga kemenangan, yaitu atas Irak, Suriah, dan Australia.

Baca Juga:
Pulang dari Piala Asia U-20 2023, Duo Pemain Timnas Indonesia Siap Bantu Persib Bandung Lagi

Kontributor: Aditia Rizki Nugraha
Load More