Irwan Febri Rialdi
Cek fakta Marselino Ferdinan cetak gol debut di Liga Belgia. (YouTube/Dafa Bola)

Bolatimes.com - Kanal YouTube Dafa Bola menyebarkan informasi yang patut diulas lebih jauh karena menyebut bahwa Marselino Ferdinan mencetak gol debut bersama KMSK Deinze di Liga Belgia.

Menurut narasi yang disebarkan oleh kanal YouTube Dafa Bola, Marselino Ferdinan mendapatkan kesempatan bermain selama 90 menit saat KMSK Deinze menghadapi Dender pada lanjutan Liga Belgia 2022-2023.

Dalam unggahan video Dafa Bola itu, disebutkan dengan judul, “Gegerkan Belgia! Marselino Diberi Tampil 90 Menit & Gol Perdana Marselino Ferdinan,” tulis kanal YouTube Dafa Bola.

Baca Juga:
Wakil Kapten Garuda Select Berhasrat Bela Timnas Indonesia, Terinspirasi dengan Sosok Ini

“Pertandingan ini merupakan pertandingan pertama KMSK Deinze di final Divisi 2 Liga Belgia 2022-2023,” bunyi narasi kanal YouTube Dafa Bola, melalui video yang diunggah 10 Maret 2023.

“Dalam duel ini, pemain Timnas yang baru berumur 18 tahun itu bermain full 90 menit. Performa Marselino terus meningkat hingga mendapat penghargaan pemain muda terbaik,” lanjutnya.

PENJELASAN

Baca Juga:
Tak Disangka, Duet Maut Saddil Ramdani dan Pemain Malaysia Bikin Pelatih Sabah FC Terkesan

Marselino Ferdinan tidak bermain selama 90 menit saat KMSK Deinze menghadapi Dender. Sebab, pada laga yang berlangsung Sabtu (11/3/2023) itu, dia baru bermain pada babak kedua.

Momen itu terjadi ketika pelatih KMSK Deinze, Marc Grosjean, menarik keluar Liam Fraser, pada menit ke-73. Dengan kata lain, Marselino Ferdinan hanya mencatatkan menit bermain selama 27 menit.

Namun 27 menit bermain melawan Dender, Marselino belum terlalu maksimal. Hingga menit akhir pertandingan, ia belum mampu memberikan kontribusi terbaik untuk KMSK Deinze.

Baca Juga:
Link Live Streaming Persik Kediri vs Persija Jakarta di BRI Liga 1, Kick Off 15.00 WIB

Pada pertandingan ini pula, KMSK Deinze harus mengakui keunggulan Dender karena ditumbangkan dengan skor 0-1 via gol Lennard Hens pada menit ke-47.

Dengan kata lain, tak benar jika Marselino Ferdinan mencetak gol debutnya bersama KMSK Deinze. Sebab, sampai saat ini dia belum mencetak gol.

Sebelumnya, Marselino Ferdinan juga melakoni debut yang tidak maksimal. Ia dimainkan oleh pelatih Marc Grosjean saat KMSK dikalahkan Jong Genk 1-3 pada 25 Februari 2023.

Baca Juga:
Duo Tim Penjegal Timnas Indonesia Di Piala Asia U-20 Terbukti Kuat, Tiket Piala Dunia U-20 2023 Berhasil Diamankan

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat dipastikan bahwa narasi dan informasi yang diedarkan oleh kanal YouTube Dafa Bola itu tidak sesuai dengan fakta yang sesungguhnya.

Pasalnya, Marselino Ferdinan belum pernah bermain penuh bersama KMSK Deinze di Liga Belgia. Tak hanya itu, dia juga belum pernah mencetak gol dari dua penampilannya.

Dengan demikian, informasi yang diunggah oleh kanal YouTube Dafa Bola itu dapat dikategorikan sebagai hoaks karena tidak sesuai dengan fakta sesungguhnya.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More