Irwan Febri Rialdi
Ramadhan Sananta cetak gol kemenangan PSM Makassar atas Persikabo 1973 dengan skor 1-0. (Dok. PSM Makassar)

Bolatimes.com - Ada sejumlah alasan yang membuat PSM Makassar menjadi salah satu kontestan yang paling layak untuk menjuarai kompetisi BRI Liga 1 2022/2023.

Jika melihat persaingan yang ada, PSM Makassar memang terhitung sebagai kandidat terkuat yang paling berpeluang untuk merebut trofi juara pada akhir musim Liga 1 2022/2023.

Yang terbaru, skuad Pasukan Ramang semakin menjaga peluangnya untuk meraih gelar juara di akhir musim ini setelah menang 1-0 atas Persikabo 1973 pada pekan ke-29.

Dengan kemenangan ini, PSM semakin berpeluang untuk meraih juara pada Liga 1 2022/2023. Sebab, koleksi poinnya semakin menjauh dari kejaran para pesaingnya.

Untuk sementara ini, PSM Makassar masih berada di puncak klasemen sementara Liga 1 2022-2023 dengan koleksi 65 poin dari 29 pertandingan.

Skuad Juku Eja masih berjarak 13 poin dari Persib Bandung di peringkat kedua, dan unggul 14 poin dari Persija Jakarta yang menempel di urutan ketiga.

Dengan menyisakan lima pertandingan sisa, PSM Makassar hanya membutuhkan tiga kemenangan lagi untuk memastikan trofinya pada musim ini.

Berikut Bolatimes.com menyajikan tiga alasan yang membuat PSM Makassar layak menjadi juara Liga 1 2022/2023.

1. Salah Satu Tim Paling Produktif 

PSM Makassar memang layak meraih gelar juara jika melihat performa lini serang mereka sepanjang musim ini. Dari 29 laga, mereka sudah berhasil mencetak total 54 gol.

Jumlah ini mengantarkan PSM Makassar menjadi kontestan dengan produktivitas gol tertinggi kedua musim ini. Mereka hanya kalah dari Bali United yang sudah menghasilkan 58 gol dari 28 laga.

Produktivitas gol ini ditunjang nama-nama pemain tajam seperti Ramadhan Sananta (10 gol), Wiljan Pluim (8 gol), Everton Nascimento (8 gol), dan Kenzo Nambu (7 gol).

2. Punya Pertahanan yang Paling Kokoh

PSM Makassar juga berstatus sebagai tim dengan sektor pertahanan yang paling kokoh di musim ini. Hal ini terlihat dari jumlah gol yang bersarang di gawang mereka.

Dari 29 pertandingan, PSM Makassar hanya kebobolan 22 kali. Mereka berada di puncak daftar tim dengan tingkat kebobolan terendah. Kontestan terdekat yang menjadi pesaingnya ialah Persija Jakarta dengan 24 kali kebobolan.

Performa ini tak terlepas dari penampilan ciamik Reza Arya Pratama yang sukses 12 kali mencatatkan clean sheet di Liga 1 musim ini.

3. Paling Jarang Kalah

Selain itu, anak asuh Bernardo Tavares juga sudah memperlihatkan betapa dominannya mereka saat menghadapi lawan-lawan yang tangguh di Liga 1 musim ini.

Pasalnya, PSM sangat jarang menelan kekalahan. Mereka sejauh ini hanya kalah dua kali dari 29 laga. Dua kekalahan ini diraih PSM Makassar saat berjumpa Madura United (0-1) dan Persija Jakarta (2-4).

Selain dua kekalahan ini, mereka sukses tancap gas dengan 19 kali kemenangan dan delapan imbang sepanjang musim.

Kontributor: M Faiz Alfarizie
Load More